Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Beda Paduan Suara dengan Gerombolan Suara

WARTAGAS - Apakah yang membedakan Paduan Suara dengan Gerombolan Suara? Dimanakah letak perbedaannya? Bukankah sama-sama sekumpulan suara?

Jelas berbeda... Penasaran? Simak selanjutnya di bawah ini.

Beda Paduan Suara dengan Gerombolan Suara
Paduan Suara (Foto: Ist/GAS)

Beda Paduan Suara dengan Gerombolan Suara

Paduan suara adalah sekumpulan atau sekelompok suara, yang berlatih dan dibagi berdasarkan range dan warna serta karakter suaranya ada sopran, alto, tenor dan bass

Paduan suara berlatih secara reguler dan patuh kepada notasi-notasi musik yang terdapat pada partitur, Conductor atau dirigent akan memimpin mereka juga mengikuti notasi musik tersebut, demikian juga dengan pemain musiknya. Sehingga memghasilkan suatu untaian nada-nada yang indah, harmony serta tak jarang membuat kita berdecak kagum saat mendengar performance mereka.

Bagaimana dengan gerombolan suara?
Gerombolan suara, adalah sekumpulan atau sekelompok suara yang masing-masing individu bebas menyuarakan suaranya dalam gerombolan suara, tanda-tanda dinamika tidak terlalu diperhatikan apalagi notasi musik.

Masing-masing individu bebas mengeluarkan suara, berteriak, menjerit, tertawa dan sebagainya tidak perlu berlatih. Yang penting mampu mengeluarkan suara.

Bila kita kebetulan mendengarkan suara-suara dari gerombolan ini, maka tak jarang kita menutup telinga sangkin kencangnya suara yang dibunyikan. Tentu gerombolan suara bukanlah sebuah performance yang baik untuk didengar telinga.

Demikian catatan mengenai "Beda Paduan Suara dengan Gerombolan Suara" di atas. Semoga bermanfaat. Salam GAS.***

Penulis: Tiomora Ester Maria Sitanggang
Admin Group Facebook Group Anak Siantar (GAS)
loading...

No comments

Powered by Blogger.