Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Tips Interaksi di Media Sosial: Jangan Mau dibilang Akun Bodong

WARTAGAS - Fenomena Akun Bodong diberbagai Media Sosial di Dunia Maya begitu marak diperbincangkan. Bahkan menjadi sebuah momok yang menakutkan atau mengkhawatirkan berbagai kalangan. Kenapa demikian, karena akun bodong ini cenderung membuat atau memposting sesuatu yang menghebohkan atau menghakimi seseorang (dalam media sosial) yang tidak jelas siapa orangnya (pemilik akun yang dikatakan bodong tsb). Menghakimi disini bisa membuka aib seseorang di media sosial tanpa jelas identasnya, atau bisa juga menjelekkan seseorang (dalam istilah politik Kampanye hitam /black campaigne) atau menghasut seseorang. Lalu bagaimana mengatasi dan mengenali aku bodong tsb? Mari kita simak lebih lanjut di bawah ini.

Tips Interaksi di Media Sosial: Jangan Mau dibilang Akun Bodong

Apa itu Akun Bodong
Aku Bodong menurut GAS adalah sebuah akun di media sosial dalam hal ini akun facebook yang dikelola oleh seseorang dengan tujuan tertentu dan melakukan maksud tertentu, tanpa menunjukkan identitas (sesuai dengan Identitas Resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah) sendiri.

Akun Bodong bisa juga diartikan sebagai akun media sosial yang menyamar atau yang menjadi orang lain dengan maksud tertentu.

Akun Bodong juga bisa bilang sebagai hantu, alias tidak ada orangnya karena tidak jelas juntrungannya.

Siapa Itu Akun Bodong
Bila kita menyimak pengertian tentang Akun Bodong diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa Siapa itu Akun Bodong. Dalam dunia internet, istilah Akun Bodong ini bisa dikatakan sebagai Anomim atau Fake Account.

Akun bodong juga bisa digunakan dalam hal positif (ini hanya sebagian kecil saja) dalam interaksi di media sosial. Misalnya untuk menyamar (tidak mau menyebutkan siapa dirinya), karena berbagai alasan. Bisa dikatakan karena malu, atau minder, atau Si akun bodong tidak ingin dikenal oleh orang lain.

Dalam dunia kesehatan, Si Akun Bodong bisa juga dikatakan sebagai pesakitan. Seperti yang saya katakan tadi, minder, malu, rendah diri dan lain sebagainya, karena masa lalunya yang tidak menyenangkan. Atau si akun bodong malah senang dan bahagia bisa menjadi pribadi orang lain dan bukan dirinya.

Cara Melihat dan Menentukan Akun Bodong
Tulisan ini sebenarnya bukan sebagai acuan untuk Melihat dan Menentukan Akun Bodong. Ini hanya gambaran saya saja. Saya tahu bahwa Anda sekalian tahu dan paham betul mengenai akun bodong ini.

Dibeberapa media, atau mbah google sendiri bisa anda temukan bagaimana Cara Melihat dan Menentukan Akun Bodong. Meskipun demikian, kami mencoba memberikan sedikit gambaran mengenai Cara Melihat dan Menentukan Akun Bodong tsb.

Inilah Cara Melihat dan Menentukan Akun Bodong
1. Biasanya, si Akun Bodong menggunakan Foto orang lain dalam Foto Profilnya. Bisa foto artis kesukaannya, bisa foto figur seseorang yang dia idam-idamkan. Bagi Anda yang sering atau suka menggunakan Foto Profil yang seperti ini, berhati-hatilah, karena akun anda akan disebut Bodong (tidak jelas).
2. Biasanya, si Akun Bodong selalu menyerang seseorang, atau instansi atau kelompok atau lainnya dengan masud tertentu, tanpa menyebutkan siapa dirinya yang sebenarnya.
3. Biasanya, Si Akun Bodong selalu berpikiran negatif sama orang lain, seakan-akan dia saja yang benar, orang lain salah melulu, tapi ketika diminta untuk membuat hal yang benar tidak mau mengungkapkannya.
4. Apabila si Akun Bodong ini masuk dalam sebuah perkumpulan (Group), dia tidak akan pernah ikut memberikan kontribusi dalam sebuah group. Kebanyakan akan menjatuhkan group yang dia masuki di group tsb, dan berkoar-koar di group yang dia kelola atau gerombolannya dan mengatakan group si anu tidak bagus.
5. Si Akun Bodong akan selalu mengatakan dia di kota mana, di daerah mana, tapi ketika di klarifikasi mengenai hal itu, maka dia akan banyak alasan untuk menghindar.
6. Si akun bodong tidak akan mau berjumpa dengan orang lain ketika diajak kopdar.
7. Si akun bodong kadang-kadang akan berusaha sok hebat, sok rohani, sok pemberi nasehat, dan postingan-postingan di akun media sosialnya seperti seorang motivator, dan biasanya dia akan mengcopypaste tulisan-tulisan orang top. seakan-akan dialah paling tahu sedunia.
8. Dalam pertemanan, biasanya dia yang akan banyak meng-add akun orang lain, dengan begitu dia akan dianggap banyak teman. Anda harus hati-hati bila di add akun yang tidak anda kenal sama sekali.
9. Biasanya, foto di dalam akun dia, tidak ada fotonya sendiri atau bersama teman-temannya. kadang foto di dalam akunnya hanya gambar-gambar yang tidak jelas, bisa juga gambar-gambar yang bertuliskan kata-kata motivasi atau infpirasi, sehingga dia dianggap sebagai seorang motivator.
10. Untuk menentukan seseorang akun bodong, cobalah klik fotonya dan cari di Mbah Google, apakah fotonya tsb ada yang sama anda jumpai di mana-mana. Bila ada, kemungkinan besar itu akun bodong.
11. Akun bodong adalah akun yang tidak jelas.

Tips Interaksi di Media Sosial: Jangan Mau dibilang Akun Bodong
WartaGAS melihat fenomena ini begitu luar biasa. Oleh karena itu, marilah untuk menghindari atau tidak menggunakan akun bodong. Ingat satu hal, jangan pernah menjadi diri orang lain selama anda masih bisa berdiri sendiri. Karena Anda begitu spesial, tidak ada orang lain yang bisa seperti Anda. Anda adalah karunia atau anugerah terbesar yang Tuhan Ciptakan dimuka bumi ini. Oleh karena itu, banggalah terhadap diri anda sendiri. Syukuri yang Tuhan berikan kepada Anda dan atas hidup Anda.

Dalam kehidupan di dunia maya, memang bukanlah segala-galanya. Itu memang betul Tetapi bukan berarti kita tidak bisa berkelakuan seperti biasa di kehidupan nyata. Zaman sekarang, dunia maya sudah bisa mempengaruhi dunia nyata. Bahkan perekonomian dunia pun bisa diatur di dunia maya. Terbukti, banyak orang berpenghasilan tinggi dari dunia maya, bisnis-bisnis online banyak bertebaran. Tidak sedikit orang berhasil dan menjadi kaya dari dunia maya. Semua itu dilakukan karena berdiri di atas kebenaran dan kejujuran.

Oleh karena itulah, maka kami mengajak anda agar Anda Jangan Mau dibilang Akun Bodong dalam berinteraksi di dunia maya (khususnya Media Sosial).

Kami mencoba memberikan beberapa Tips Interaksi di Media Sosial: Jangan Mau dibilang Akun Bodong
1. Gunakanlah Nama Asli anda dalam akun media sosial anda, karena banyak di luar sana yang mencari anda ingin berjumpa, dan bercanda ria serta bercengkerama dngan Anda (Dalam hal positif).
2. Gunakanlah Foto Asli Anda dalam Profil Akun Media Sosial Anda. Di media sosial, banyak menggunakan nama asli yang serupa bahkan sama dengan nama anda. Tetapi foto anda tidak sama dengan foto orang lain. Itulah karunia yang paling besar yang diberikan Tuhan kepada kita. Meski nama sama, tapi orangnya beda. Yang membedakan anda dengan orang lain adalah Foto Anda dan Foto Orang lain.
3. Cobalah sekali-kali berfoto ria dengan teman-teman anda sendiri dan tampilkan di dalam akun media sosial anda. Dengan begitu ada orang lain yang mendukung atau saksi bahwa anda benar-benar ada dan bukan orang lain.
4. Bila ada orang atau teman anda ingin mengajak anda ketemuan (kopdar) baik itu secara tatap muka (empat mata) atau dalam sebuah perkumpulan, ikutlah dalam acara tsb. Dengan begitu, ada yang mendukung dan saksi bahwa anda adalah bukan Akun Bodong.
5. Jangan sembarang bergabung dengan group-group dalam media sosial. Bergabunglah dengan group-group yang benar-benar bisa membangun anda dan membangun group yang anda ikuti.
6. Percaya dirilah bahwa Anda adalah orang yang luar biasa dan selalu berkata bahwa Anda adalah Anugerah dan Ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa. Jangan minder.
7. Jangan gunakan Akun Bodong. Akun yang tidak jelas. Jadilah Kesatria atau pahlawan yang bukan kesiangan. Tapi Benar-benar Kesatria.

Demikianlah tulisan kami mengenai topik "Tips Interaksi di Media Sosial: Jangan Mau dibilang Akun Bodong". Bila ada yang kurang silahkan ditambahi, bila ada yang berlebihan silahkan diberi kritik dan saran. Harapan kami, semoga tulisan yang ringan ini bisa bermanfaat. Salam. Tuhan memberkati. Salam GAS.***

Penulis: Hans Ringo
loading...

No comments

Powered by Blogger.