Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Jika Saya Ingin Menjadi Balon Siantar

WARTAGAS - Bukan mau bada, debat apalagi sok jago... saya hanya mencoba menjadi egois yang menonjolkan keinginan akan sosok bakal calon (balon)... sebab ada yang merasa belum ada apanya sudah jadi yang terbaik bahkan merasa pemilik Siantar di media sosial.. hehehe

Jika Saya Ingin Menjadi Balon Siantar - Foto: Gerbang Masuk Kota Pematangsiantar dari Medan
Gerbang Masuk Kota Pematangsiantar dari Arah Medan (Sumut)
Foto: Facebook / GAS

Saya akan memulai melangkah mewujudkannya minimal 6 tahun sebelumnya. Merakit mimpi ini tidak semudah membalikkan tangan. Memimpin masyarakat tidak didapat dengan mengutamakan uang, kecerdasan tapi pengalaman. Pengalaman memimpin masyarakat tidak bisa disamakan dengan memimpin perusahaan atau organisasi atau partai, mirippun tidak.

Kenapa minimal 6 tahun sebelumnya?

Banyak tahapan yang harus dipelajari, sebab guru yang terbaik adalah pengalaman ya pengalaman. Pengalaman berpolitik, berpartai, bersosialisasi, berkampanye. Dengan demikian saya bisa berkomunikasi dengan baik dikemudian hari.

Selain itu saya juga harus memulai menorehkan karya secara nyata buat masyarakat dengan demikian keinginan, permasalahan dan kondisi masyarakat yang akan dipimpin. Saya akan membuat batu pijakan untuk mewujudkan mimpi saya. Masyarakat harus mengetahui bahwa saya peduli dengan mereka, bekerja untuk mereka.

Data, yah saya sangat butuh data agar saya dapat menganalisa dan menentukan solusi. Tanpa data lebih baik saya tidak buat Visi dan Misi karena itu hanya sebuah pemanis bibir. Kemudian akan saya tuangkan kedalam Visi dan Misi ketika menjadi balon menyertakan data dan solusinya. Saya tidak akan mempermasalahkan Visi dan Misi itu akan diambil oleh pesaing saya bahkan akan sangat gembira karena mimpi saya sebagai pemimpin yang baik diadopsi pesaing dan saya akan berharap mereka juga akan mewujudkan visi dan misi yang diambil itu ketika saya tidak terpilih sebagai pemenang.

Saya juga akan menjelaskan Visi, Misi, Data, Solusi ini kepada Tim Sukses, Relawan dan Simpatisan karena mereka harus dan wajib mengetahui. Merekalah suksessor story (siganjang dila bukan padila dilahon) sosok balon pemimpin masa depan dan pantas untuk dipilih.

Saya juga perlu belajar untuk tidak khawatir apa yang masyarakat cerca kepada saya karena saya tidak akan bisa memuaskan semua pihak dan saya juga tidak akan mengenyampingkan orang-orang yang bersuara sumbang bahkan berani mengkritik saya secara terang-terangan. Saya akan mencoba mengerti kenapa. Kenapa oh kenapa. Namun mulut saya akan menjadi pedang bermata 9 melawan kejoliman, penindasan, kesewenangan dan arogansi.

Hanya ketika langkah ini sudah terwujud saya berani menjadi balon. Mimpi tinggal mimpin karena saya tidak melakukan ini. Seberapa besarpun saya berjuang dengan cara lainnya tidak akan menjadi pemimpin Siantar yang baik. Namun saya bukan balon hanya sedang melangkah mewujudkan mimpi entah tahun berapa mimpi ini terwujud.

Pemain catur terbaik tidak cukup berpikir hanya lima atau sepuluh langkah kedepan tetapi bahkan sebelum bermain.

Nantikan cerita, Jika saya sudah jadi balon Siantar.

Penulis: Sudin Maurid Sitindaon dalam ‎Group Anak Siantar (GAS)
loading...

No comments

Powered by Blogger.