Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Calon Walikota Manuk (Ca Wal-Man)

WARTAGAS - Engggg,,,Inggg,,, Engggg. WAL-MAN ( WALIKOTA MANUK). Setelah pembahasan BA-WAKTU (Balon Walikota Tuak) dan BA-WAGEL (Balon Walokota Togel), BA-GATOTKACA kini giliran BA-WALMAN ( Balon Walikota Manuk) yang akan memaparkan visi misi dan prokernya.

Calon Walikota Manuk (Ca Wal-Man) - Foto: Ayam Kampung
Ilustrasi

Calon Walikota Manuk (Ca Wal-Man)

Dalam membuat visi misi dan program kerja (proker) nya BA-WALMAN hanya menyangkut kepada persoalan "per-manuk-an" (per-ayam-an) di kota kita tercinta, dengan motto “DAYOK MULANA

Visi : Sejahtera Di Bidang Par-Manu-kan

Permasalahan yang dihadapi kota kita Pematang Siantar sekarang ini adalah terjadinya penurunan produksi ayam kampung, padahal kebutuhan kita saat ini masih relatip tinggi, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini terjadi penurunan produksi ayam kampung hingga 30 %, dan kondisi sekarang ini rata populasi ketersediaan ayam kampung hanya 0,2 kg per jiwa per tahun, padahal target konsumsi nasional untuk ayam sebesar 7 kg perjiwa pertahun.

Pasokan ayam kampung selama ini didatangkan dari wilayah sekitar Simalungun, dan sangat jelas nilai ekonomi dari sektor ini berpindah ke wilayah lain, pada hal sebenarnya permasalahan ini bisa kita atasi.

Melihat kondisi ini, kedepan akan diambil kebijakan yang mendorong produksi ayam kampung di kota tercinta, bila asumsi 2 kg per jiwa pertahun , maka dibutuhkan tambahan pasokan ayam kampung sebanyak 400.000 ekor pertahun atau sebanyak 1.110 ekor perhari, Nilai transaksi ekonomi perayaman ini akan mencapai Rp 16 Millyard pertahun.

Rata-rata kebutuhan pakan jagung pertahun diperkirakan akan mencapai 12.000 ton, maka untuk menjamin pasokan pakan ayam, akan diambil kebijakan meningkatkan produksi jagung di wilayah kecamatan Marihat, Marimbun, Sitalasari, Martoba, mengingat kondisi ketersediaan lahan untuk kegiatan pertanian di 4 kecamatan ini masih sangat cukup untuk dikelola menjadi pertanian jagung , luas ke 4 kecamatan ini hampir mencapai 81 % dari luas kota tercinta kita dan rata-rata penduduk juga masih relatip kecil yaitu sebanyak 1, 68 jiwa per kilometer, sementara lahan yg terpakai untuk komoditas pertanian jagung masih sekitar 2 % dari luas lahan.

Target penggunaan lahan pertanian jagung diharapkan untuk mencapai target 10 % dari luas lahan ke 4 kecamatan tersebut, bila target ini tercapai maka produksi jagung akan meningkat 500 % dari kondisi tahun 2013, dan tentunya beberapa kebijakan penting harus diambil untuk mengakselerasi produksi jagung dan tongolnya guna menjamin pasokan pakan ayam, kebijakan lain yang akan diambil adalah program pertanian terpadu ( integrated farming-) untuk pakan dan ayam khususnya di kecamatan Sitalasari, yang lebih berdekatan dengan gunung Simbolon, kebijakan ini juga akan menghasilkan efisiensi pengelolaan lahan dengan menggunakan ET NI KUMAM sebagai pupuk.

Diharapkan program ini akan mampu mendongkrak daya serap tenaga kerja dibidang pertanian , transportasi, perdagangan hingga 300 % dari kondisi sekarang.

Khusus buat investor yang berasal dari Kota Siantar kami akan memberikan insentip, kami akan menjamin penyediaan lahan dan kemudahan dalam perijinan dan akan memberikan dukungan penuh melalui dengan dinas pertanian/peternakan dan kerjasama dengan universitas dalam program pengembangan perayaman dan perjagungan tersebut.

Hidup Wal-Man...

Penulis: Ungkap Bhs dalam Group Anak Siantar (GAS)
loading...

No comments

Powered by Blogger.