Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Par Siantar Selalu di Hati [Edisi Definisi Pareman Siantar]

WARTAGAS - Tahun 70-90, Siantar terkenal sebagai Siantar Man karena pareman-pareman yang bisa lebih buas dari Singa. Banyak orang tua menjadi ekstra hati-hati untuk membiarkan anak-anaknya ber sosialisasi di kota kelahirannya sendiri.

Anak Rantau Par Siantar Selalu di Hati [Edisi Definisi Pareman Siantar]

Seiring dengan waktu banyak Anak Siantar dan Pareman (Baca Preman, red.) Siantar merantau ke kota lain termasuk kota Metropolitan seperti Jakarta. Memulai petualangan hidup baru dan mencari tujuan hidup. Semua tentunya bermodal awal kehidupan yang dijalaninya di kota Siantar. Bagi pelajar tentu hendaknya melanjutkan pendidikan. Bagi pareman tentu memperbaiki statusnya. Namun semuanya mempunyai prinsip yang sama berjuang untuk kehidupan yang lebih baik.

Mereka banyak yang sukses dan ada saja yang terpuruk di hutan belantara perantauan. Namun yang menarik untuk dibahas adalah kesetiakawanan lebih bagus yang dimiliki oleh mantan pareman Siantar yang di perantauan daripada yang bukan mantan pareman. Mungkin karena tertanam pada mereka modal pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai seorang pelajar yang hendak melanjutkan pendidikan namun tak mempunyai biaya hidup yang cukup, ada saja tangan-tangan yang siap membantu dari akka parSiantar (orang dari Siantar, red.) yang ada di perantauan baik disadari maupun tidak. Mulai dari menjadi penghuni gelap tetap kos-kosan, menjadi kenek tembak hanya untuk sekedar agar sampai tujuan atau hanya sekedar mendapat sarapan pagi, siang atau malam. Bisa juga untuk menjamin keamanan dan kenyamanan jika kita melewati daerah-daerah yang rawan kejahatan. Dan lain-lain. Caranya juga cukup mudah, hanya dengan berbaur dan menjalin pergaulan dengan sesama Par Siantar. Ini hanya contoh kecil.

Namun perlu diingat batasan pergaulan pribadi yang menentukan sebab ada saja pelajar yang menjadi kehilangan arah dan tujuan jika bergaul dengan pareman. Cara dan tujuan pendekatan juga perlu dipertimbangkan sehingga keinginan yang kita harapkan dalam sebuah pergaulan ala Siantarman bisa tercapai.

Dan, ada saja yang bukan pareman yang ngaku-ngaku pareman yang justru ingin menerkam akka Par Siantar. Orang-orang tipe kek gini sedikit tapi menjadi perusak pergaulan ala Siantar. Mereka sering memaksakan kehendak, mengaku-ngaku pengendali Siantar. Intinya orang-orang seperti ini bukan Par Siantar dan kita tak mau orang par Siantar dipenuhi keculasan yang hanya berdasarkan kepentingan perorangan atau kelompok.

Siantarman, Anak Siantar atau apapun istilahnya selalu memegang prinsip "mainkan mainmu ku mainkan mainku, pokkik ma isi asa hu pokkik ison alai ibagas dame. Main cantik kita buat".

Namun kalau anda arogan, memaksakan kehendak berarti bukan kelompok Siantarman, Anak Siantar maupun Pareman Siantar. Kelaut ajalah.

Salam dari Par Siantar.

Oleh: Sudin Maurid Sitindaon dalam Group Anak Siantar (GAS)
loading...

No comments

Powered by Blogger.