Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Hari Ikan Nasional (Harkanas) Tanggal 21 November

WARTAGAS - Tahukah Anda bahwa tanggal 21 November adalah salah satu Hari Besar Nasional, yaitu Hari Ikan Nasional (HARKANAS). Dan pada hari ini, tepat tanggal 21 November 2015, HARKANAS sudah dirayakan untuk yang kedua kalinya, sebelumnya dirayakan pada tahun 2014 tanggal yang sama. Selanjutnya simak berikut dibawah ini apa itu Harkanas yang disadur dari berbagai sumber media.
Hari Ikan Nasional (Harkanas) Tanggal 21 November
Logo Hari Ikan Nasional (Harkanas) Tanggal 21 November (Google.com)

Hari Ikan Nasional (Harkanas) Tanggal 21 November
Indonesia merupakan negara maritim dengan dua per tiga bagiannya adalah lautan. Dengan kondisi geografis demikian produksi ikan di Indonesia sangat berlimpah. Namun sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan tingkat konsumsi produk hasil perikanan dan kelautan. Rendahnya konsumsi ikan Indonesia disebabkan kondisi ekonomi masyarakat dan masih sulitnya masyarakat pelosok mendapatkan ikan dikarenakan alur distribusi yang lambat dan ikan segar tak lagi murah sampai ke tangan konsumen. Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP), Saut.P. Hutagalung mengatakan bahwa indeks konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia hanya 91,7 gram/kapita/hari, dan pola pangan harapan (pph) minimal 150gram/kapita/hari. Kurangnya konsumsi tersebut berdampak pada fisik dan kecerdasan masyarakat Indonesia. Saut juga mengatakan bahwa ikan sebagai bahan pangan yang mudah diproduksi, bergizi tinggi, serta tersedia sepanjang tahun menyebar di seluruh Indonesia mampu mengatasi masalah kasus bayi gizi ganda dan stunting atau bayi lahir pendek. Guna mendukung pencapaian konsumsi tersebut maka dicanangkanlah Hari Ikan Nasional pada tahun lalu.

Dalam rangka menggugah kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya peran perikanan dan kelautan bagi pembangunan sumberdaya manusia dan ekonomi Indonesia serta mewujudkan kedaulatan pangan, maka Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengusulkan kepada pemerintah untuk menetapkan setiap tanggal 21 November sebagai Hari Ikan Nasional (Harkanas). Pengajuan ini berdasarkan dukungan para pihak dan naskah akademis yang telah dibuat, serta merujuk pada Hari Perikanan Dunia (World Fisheries Day) dengan mempertimbangkan amanah dalam Undang-Undang Nomor 31/2004 Jo. Undang-Undang Nomor 45/2009 Tentang Perikanan dan Undang-Undang Nomor 18/2012 Tentang Pangan.

Usulan Hari Ikan Nasional dilakukan dalam konteks upaya peningkatan konsumsi ikan. Terutama dengan lahirnya Hari Ikan Nasional diharapkan akan ada himbauan dari Presiden RI kepada seluruh masyarakat agar mengkonsumsi ikan lebih banyak sehingga akan meningkatkan derajat kesehatan dan kecerdasan manusia Indonesia. Hari Ikan Nasional harus mampu menggerakkan sektor bisnis untuk meningkatkan perekonomian lokal dan nasional dan melibatkan seluruh strata sosial. Pada akhirnya, Hari Ikan Nasional nantinya diharapkan mampu mengembalikan kejayaan bahari Indonesia melalui pemberdayaan budaya lokal serta dapat terpenuhinya semua aspek diantaranya aspek bisnis, sosial, budaya, politik dan ekologi. (Disadur dari DKP, Banten)

Ikan Asin Gulamo dari Sumuatera Utara
Ikan Asin Gulamo dari Sumuatera Utara

Tanggal 21 November sebagai Hari Ikan Nasional (HARKANAS) telah ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Hari Ikan Nasional yang ditandatangani pada 24 Januari 2013. Melalui Hari Ikan Nasional ini diharapkan mampu menggugah kesadaran nasional tentang peran penting sektor kelautan dan perikanan dalam pembangunan Indonesia. 21 November sendiri juga bertepatan dengan peringatan World Fisheries Day atau Hari Perikanan Dunia.

21 November 2014 menjadi peringatan perdana Hari Ikan Nasional dengan tema “Ikan untuk Ketahanan Pangan dan Gizi Nasional”. Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) turut menyosialisasikan peringatan Hari Ikan Nasional perdana ini di Gedung Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Puncak peringatan Hari Ikan Nasional ini akan dilaksanakan pada 29-30 November 2014 di Parkir Timur Senayan, dipimpin oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, ibu Susi Pudjiastuti. Ditargetkan, sekitar 6000 msyarakat menghadiri momen yang baru pertama kali diperingati tersebut. Berbagai kegiatan akan mengisi puncak acara yakni Festival Perikanan Nusantara, Ayo Kita Makan Ikan (AKMI), lomba masak ikan, serta pemecahan rekor Musuum Rekor Indonesia (MURI). (Disadur dari Kompasiana)

Editor: Tim WartaGAS
Sumber: Berbagai Sumber
loading...

No comments

Powered by Blogger.