Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Inilah Kota Siantar Tempoe Doeloe

WARTAGAS - Horas. Sebelumnya WartaGAS telah berbagi artikel tentang Sejarah dan Asal-Usul Kota Pematangsiantar Tercinta (Baca Selengkapnya Disini). Untuk kali ini, WartaGAS mau mengajak Anda sekalian untuk melihat kembali Kota Siatar jaman/tempo dulu.

Inilah Kota Siantar Tempoe Doeloe
Mengenang Kota Siantar Tempoe Doeloe memang sungguh mengasikkan dan menyenangkan. Tujuan WartaGAS menampilkan Foto-Foto Kota Siantar Tempoe Doeloe ini adalah untuk sekedar mengenang wajah Kota Siantar yang kita Cintai dari masa ke masa. Memang Foto-Foto Kota Siantar Tempoe Doeloe ini tidaklah seberapa, tapi bisa mengobati rasa keingintahuan dan rindu kita akan kota Siantar jaman dulu. Oleh karena itu, di bawah ini kami menampilkan beberapa Foto-Foto Kota Siantar Tempoe Doeloe kehadapan Anda sekalian. Yuk langsung saja simak beberapa foto-foto lama yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. Harapan kami, bila Anda memiliki koleksi Foto Kota Siantar Tempoe Doeloe, jangan lupa tuk berbagi disini yah.

Balai Kota Siantar

Gedung Balai Kota Pematangsiantar Tempoe Doeloe
Gedung Balai Kota Pematangsiantar Tempoe Doeloe
Foto diatas adalah Foto Balai Kota Siantar tempoe doeloe. Dari hasil yang kami peroleh, tidak disebutkan tahun berapa pengambilan foto tsb. Saat ini Gedung Balai Kota Pematangsiantar masih berdiri dan masih dipakai sebagai pusat pemerintahan kota oleh Walikota Siantar. Gedung ini terletak di Jl. Merdeka (Di depan taman bunga Siantar)

Gedung Bioskop Kota Pematang Siantar
Di kota Pematangsiantar, saat ini kita tidak menemukan lagi Bioskop. Tidak tahu apa alasannya Bisokop yang menjadi hiburan bagi warga Siantar ini ditutup. Dulu ada beberapa Gedung Bioskop terkenal dan menjadi kesukaan bagi kawula muda bila ingin menonton film-film kesukaan mereka. Seperti Bisokop Ria dan Bioskop Deli.

Bioskop Ria
Bioskop Ria Pematang Siantar
Bioskop Ria Pematang Siantar

Bioskop Ria 1977
Bioskop Ria Pematang Siantar Tahun 1977
Bioskop Ria Pematang Siantar Tahun 1977
Saat ini gedung ini tak lagi beroperasi, gedung ini terletak di Jl. Jend. Sudirman (Disamping rumah dinas Bpt. Simalungun lama, berhadapan dengan tanah lapang Simarito)

Bioskop Deli
Bioskop Deli Pematang Siantar
Bioskop Deli Pematang Siantar
Gedung bioskop ini juga tak lagi beroperasi, gedung ini terletak di jalan Surabaya, Pematang Siantar.

Gedung BRI Siantar
Gedung BRI Siantar 1907
Gedung BRI Siantar 1907

Gedung BRI Siantar 1961
Gedung BRI Siantar 1961
Gedung BRI Siantar ini terletak persis di simpang Jl. Merdeka sinatar, tepatnya berhada-hadapan dengan Taman Bunga Siantar.

Jembatan Jalan Diponegoro (Marihat burg)
Jembatan Diponegoro Tempoe doeloe Pematangsiantar
Jembatan Diponegoro Tempoe doeloe Pematangsiantar
Foto ini terlalu tua, tampak belum ada bangunan ataupun rumah. Sampai saat ini jembatan ini masih berdiri kokoh, (Maklum saja, buatan Belanda)

Rumah Raja Siantar
Rumah Raja Siantar ini merupakan Kediaman Raja Siantar – Tuan Sawadim Damanik. Photo diambil saat Tuan Sawadim menerima anugrah Gouden Ster. 1935-04-06
Rumah Raja Siantar
Rumah Raja Siantar ini merupakan Kediaman Raja Siantar – Tuan Sawadim Damanik. Photo diambil saat Tuan Sawadim menerima anugrah Gouden Ster. 1935-04-06. Mengenai foto tsb, kami tidak tahu persis letaknya dimana, bisa diperkirakan bahwa lokasinya berada di sekitar Jl. Pematang, Kec.Siantar Barat.

Jalan Cipto Siantar
Jalan Cipto Siantar Tahun 1899
Jln. Cipto Siantar Tahun 1899
Siapa yang tidak tahu mengenai Jln. Cipto Pematangsiantar. Salah satu tenpat untuk nongkrong di Kota Siantar. Foto ini diambil tahun 1899 dari persimpangan Jl.Cipto bawah, tepatnya di dekat RSU. Djasamen Saragih sekarang.

Rumah Tua Jalan Vihara
Rumah Tua Jalan Vihara Siantar
Rumah Tua Jalan Vihara Pematangsiantar
Inilah Foto Rumah Tua Jalan Vihara Pematangsiantar. Rumah tua ini sampai sekarang masih berdiri. Lokasinya ada di jalan Vihara pematang siantar, berseberangan dengan RSU. Djasamen Saragih.

Pasar Horas
Pasar Horas Pematang Siantar tahun 1900-1921
Pasar Horas Pematang Siantar tahun 1900-1921
Pasar (Pajak) Horas Pematangsiantar adalah Pusat Perekonian di Pematangsiantar. Pasar Horas merupakan Pasar Induk dan tebersar di Kotamadya Pematangsiantar dan disekitar Kabupaten Simalungun. Foto diatas tsb adalah Pasar Horas Tempoe Doeloe tahun 1900-1921

Museum Simalungun
Museum Simalungun Tahun 1939
Museum Simalungun Tahun 1939
Foto diatas adalag Museum Simalungun tahun 1939, sampai saat ini masih berdiri dan berlokasi di Jl. Jend.Sudirman (Disebelah Polres Simalungun dan Gereja GKPS)

Jalan Bandung
Jln. Bandung Siantar tahun 1947
Jln. Bandung Siantar tahun 1947
Foto diatas menjelaskan tentang kegiatan di Jln. Bandung Siantar tahun 1947.

Lapangan Simarito
Lapangan Simarito Pematangsiantar
Lapangan Simarito Pematangsiantar
Bila kita lihat Foto Lapangan Simarito Pematangsiantar diatas, sepertinya foto ini diambil dari gedung Bank BRI sekarang, yang berlokasi tepat di Simpang Jalan Merdeka atas. Lapangan Simarito Pematangsiantar ini sekarang berubah nama dengan Lapangan Adam Malik Pematangsiantar.

Sekolah Sultan Agung
Sekolah Sultan Agung Tua
Sekolah Sultan Agung

Sekolah Sultan Agung Tua
Sekolah Sultan Agung Tua

Foto Udara Kota Siantar
Foto Udara Jl. Merdeka Siantar Tempoe Doeloe
Foto Udara Jl. Merdeka Siantar Tempoe Doeloe
Foto diatas mungkin adalah foto yang paling tua, terlihat Jl. Merdeka, gedung yang berdiri masih jarang, terlihat gedung Balai kota Siantar (sekarang)

Foto Udara Pematangsiantar 1938
Foto Udara Pematangsiantar 1938
Foto Udara Pematangsiantar 1938

Keterangan Gambar:
1. Balai Kota Siantar
2. Komplek Taman Bunga
3. Jl. Merdeka
4. Jl. Diponegoro
5. Jl.W.R. Supratman
6. Jl. Dr. Soetomo
7. Komplek Pasar Horas
8. Komplek Stasiun Kereta Api Siantar
9. Aliran Sungai Bahbolon

Itulah sekilas tentang "Foto Kota Siantar Tempoe Doeloe". Semoga bisa bermanfaat. Bila Anda memiliki koleksi Foto Kota Siantar Tempoe Doeloe mari berbagi disini. Jayalah terus Siantar.

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Editor: Tim WartaGAS
Referensi: Batakculture.wordpress.com
loading...

2 comments:

Powered by Blogger.