Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Pematangsiantar Peringkat Pertama Sebagai Kota Toleransi Beragama di Indonesia

WARTAGAS - Tahukah Anda, bahwa Pematangsiantar Peringkat Pertama Sebagai Kota Toleransi Beragama di Indonesia?. Mungkin Anda tidak percaya bukan. Tapi itulah apa adanya. Hal ini telah dilakukan penelitian oleh lembaga yang bernama Setara Institute.

Pematangsiantar Peringkat Pertama Sebagai Kota Toleransi Beragama di Indonesia - Foto: Tugu Wahana Tata Nugraha Kota Pematangsiantar
Tugu Wahana Tata Nugraha Kota Pematangsiantar - google.com

Sebenarnya, bila Anda lahir dan besar di Siantar atau pernah tinggal sementara atau hanya sekedar melintas saja, atau perantau asal dari Siantar dan sekitarnya, Kita akan berkata, "tanpa dilakukan penelitian pun bahwa Kota Pematangsiantar bukan hanya Kota Toleransi Beragama di Indonesia tapi bahkan dunia". Pada kesempatan ini pula, WartaGAS.com berharap dan menghimbau kepada siapa saja agar tetap dan selalu menjaga Keharmonisan antar Umat Beragama di Pematangsiantar, dan jangan kita biarkan ada oknum-oknum tertentu yang berusaha untuk mengotorinya. Setuju bukan!!!

Lebih lanjut simak dibawah ini hasil penelitian Setara Institute yang mana telah melakukan penelitian di 94 kota terkait praktik toleransi beragama di Indonesia seperti yang telah dilansir oleh VivaNews (16/11).

Ini Kota Paling Toleran di Indonesia
Setara Institute melakukan penelitian dan penilaian terhadap 94 kota di Indonesia dalam hal mempromosikan dan mempraktikkan toleransi beragama. Penelitian itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Toleransi Internasional yang dirayakan setiap 16 November.

Direktur Riset Setara Institute, Ismail Hasani, mengatakan, penilaian ini bertujuan mempromosikan kota-kota yang dianggap berhasil membangun dan mengembangkan toleransi (beragama) di wilayahnya masing-masing.

"Sehingga dapat menjadi pemicu bagi kota lainnya untuk turut bergegas mengikuti, membangun, dan mengembangkan toleransi beragama di wilayahnya," ujar Ismail Hasani dalam sebuah konferensi pers di Jakarta, Senin, 16 November 2015.

Penelitian yang dilakukan sejak Agustus hingga Oktober 2015 ini mengukur tingkat toleransi beragama dari masing-masing kota dari empat variabel utama, yakni regulasi pemerintah, tindakan pemerintah, regulasi sosial atau peristiwa dan juga demografi agama.

"Penelitian juga dilakukan terhadap tindakan positif pemerintah kota dalam mempromosikan toleransi, baik yang tertuang dalam kebijakan, pernyataan resmi, respons atas peristiwa, maupun membangun budaya toleransi masyarakat," kata Ismail.

Ia menjelaskan, penelitian dilakukan untuk memeriksa seberapa besar kebebasan beragama yang dijamin di setiap daerah, mengingat masih banyaknya kasus pelanggaran kebebasan beragama yang ditemukan di Indonesia. Semakin pemerintah tidak turun tangan untuk mengatasi suatu kasus toleransi, maka akan semakin tidak toleran kota tersebut.

Berikut peringkat tertinggi kota toleransi beragama:

1. Pematang Siantar

2. Salatiga

3. Singkawang

4. Manado

5. Tual

6. Sibolga

7. Ambon

8. Sorong

9. Pontianak

10. Palangkaraya

Sementara itu, berikut peringkat terbawah kota toleransi beragama:

1. Bogor

2. Bekasi

3. Banda Aceh

4. Tangerang

5. Depok

6. Bandung

7. Serang

8. Mataram

9. Sukabumi

10. Banjar dan Tasikmalaya







Editor: Tim WartaGAS
Referensi: VivaNews
loading...

11 comments:

  1. Sumber berita secara lengkapnya darimana?? Bisa di attach link asli berita??

    ReplyDelete
  2. Tidak heran , Kota Pematang Siantar memang OK

    ReplyDelete
  3. Emang benar sih, P. Siantar pantas dapat peringkat 1. Sukses buat siantar dan sekitarnya.

    ReplyDelete
  4. Walau Dulu kota asalku terkenal dgn sebutan Kota Preman ternyata Hasil penelitian Nomor Wahit mengenai Toleransi berAgama

    ReplyDelete
  5. Pematang emg pantas dpt gelar tersebut, selama 6 tahun di siantar memng merasakan toleransi beragamanya sgt kuat

    ReplyDelete
  6. Aq anak Siantar,,sangat bangga akan kota kelahiranku.Pematang Siantar is the best

    ReplyDelete
  7. WOW.... Sungguh menakjubkan... Bangga menjadi menjadi warga PematangSiantar... Terima kasih min informasinya...

    ReplyDelete
  8. Memang fakta bangat ni, dulu sebelum aku mrantau dr siantar, siantar itu memang baguss masalah kepercayaan, coba bayNgin deh dulu waktu aku jaman aku kecil sampe dewasa tinggal di siantar,, kalau umat kristen merayakan natal, yg heboh tu bukan cuma yg bersangkutan, bahkan umat islam pun semangat mnyambut perayaan natal yg dilaksanakN, bahkan mreka tdk sungkan masuk ke gereja hanya untuk melihat kegiatan yg dilakukan di gereja trsbut, senangnya kalo di kampunggg, yg paling srnangnya, tiba waktu malam takbiran yg dirayakan oleh umat muslim, bahkan kami umat nasrani juga yg heboh mnyambut takbiran pada malam itu, yg lucunya sambil pake sarung di kepala seperti ninja �� Itulah yg tdk bisa kulupakan hingga saat ini, dimana saatnya merayakan natal maupun hari raya jdi pengen balik kampung krna kangen suasana trsebut
    Semoga sampai kedepan bisa trkalin hubungN seperti itu terusssss
    Amin.

    ReplyDelete
  9. memang siantar kota tentram..tapi sumber berita tidak terpercaya, monumen siantar di bilang tugu adipura,jadi pertigaan yg di jalan gereja itu tugu apa? siapa yang buat berita ini?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.