Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Narkotika Menjadi Perusak Bangsa

WARTAGAS - Menurut Pasal 1 UU no 35 tentang Narkotika menyebutkan Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan sebagaimana terlampir dalam Undang-Undang ini.

Say No To Drugs - Narkotika Menjadi Perusak Bangsa

Jaman sekarang banyak sekali remaja yang mengonsumsi narkotika dan tidak sedikit diantara mereka yang mengkonsumsi narkotika itu menjadi bagian dari gaya hidup. Melihat fenomena ini, saya sebagai penulis sangat sedih sekali. Anak-anak muda sekarang lebih mengutamakan kebebasan tanpa harus melihat masa depan.

Di Indonesia sendiri, saya melihat banyak sekali kawula muda yang mengkonsumsi narkoba. Ini bisa kita saksikan dari berita-berita televisi maupun media cetak. Paling tidak ada saja kabar yang menayangkan di televisi bahwa remaja di daerah / kota A misalnya, telah tertangkap karena menggunakan narkoba. Belum lagi anak-anak sekolah yang dengan bangganya memperlihatkan aksi-aksi penggunaan narkoba di media-media internet. Sungguh  sangat miris sekali.

Padahal kita tau akibat dari penggunaan narkotika ini. Menjauhkan kita dari keluarga, saudara, teman, bahkan lebih berbahayanya kita kehilangan masa depan. Dan juga kita tau beberapa bahan narkotika dibuat untuk membius pasien yang hendak di operasi tetapi pada masa ini dipakai untuk kesenangan sendiri dan kepuasan sendiri yang mengakibatkan overdosis.

Upaya Memberantas Penyalahgunaan Narkotika
Upaya untuk memberantas zat terlarang ini sudah sering dilakukan mulai dari pendidikan dini, keluarga dan juga Negara ikut serta dalam memberantas masalah ini. Lingkungan berperan penting untuk menjadikan seseorang baik atau tidak, bagaimana cara bergaul yang baik dan tidak baik tergantung dari lingkungan sekitar kita. Jika lingkungan baik akan menjadikan kita baik begitu juga sebaliknya.

Selain pendidikan formal dan lingkungan, pada kesempatan ini, alangkah baiknya bila keluarga yang berperan aktif untuk memberikan penyuluhan langsung kepada anggota keluarganya akan bahaya narkotika ini. Keluarga haruslah memberikan pelajaarann kepada anggota keluarga khususnya anggota keluarga yang masih remaja saat ini menjelaskan bahwa narkotika tidak baik bagi jasmani dan rohani kita. Disamping itu, peran keluarga sangat diperlukan dalam pendampingan.

Bagi Anda yang membaca tulisan apalagi masih remaja, hindari dan jauhilah Narkotika, karena Narkotika Menjadi Perusak Bangsa. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Salam.

Penulis: Martogi Harianja
Email: martogiharianja@gmail.com
Editor: Tim WartaGAS
loading...

No comments

Powered by Blogger.