Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Ternyata "Patung Dewi Kwan Im" Terbesar di Asia Tenggara Ada di Pematangsiantar

WARTAGAS - Kota Pematangsiantar, dikenal sebagai Kota Transit bagi kota-kota Wisata disekitarnya. Tahukah Anda, bahwa kota Pematangsiantar ini ternyata memiliki destini Wisata yang sangat populer dan bahkan sudah mendunia. Yaitu Objek Wisata "Patung Dewi Kwan Im" di Siantar.

Ternyata Patung Dewi Kwan Im Terbesar di Asia Tenggara Ada Di Pematangsiantar
Patung Dewi Kwan Im

Ternyata "Patung Dewi Kwan Im" Terbesar di Asia Tenggara Ada Di Pematangsiantar
Kota terbesar kedua di Sumatera Utara (Sumut) setelah kota Medan ini, adalah kota yang memiliki daya tarik wisata tersendiri, tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya di Sumatera Utara. Jika anda datang ke kota Pematangsiantar, salah satu objek wisata yang bisa kami rekomendasikan dan kami banggakan di kota ini adalah sebuah "Patung Dewi Kwan Im".

Mengapa patung ini menjadi istimewa? patung Dewi Kwann Im, sang dewi welas asih, di Pematangsiantar ini adalah patung Dewi Kwan Im terbesar di Asia Tenggara (dan secara otomatis, menjadi yang terbesar di Indonesia).

Patung yang menjadi ikon dari kota Pematangsiantar ini memiliki tinggi 22,8 meter (catatan: patung Dewi Kwan Im terbesar di dunia ada di Cina dengan tinggi 108 meter).

Patung in didirikan di vihara Avalokitesvara yang berlokasi di pusat kota Pematangsiantar, tepatnya di jalan Siposo-poso. Vihara ini terletak di lokasi yang strategis. Waktu yang ditempuh dari Medan ke lokasi ini sekitar 3 jam. Jika anda masih kesulitan mencari vihara ini anda tinggal bertanya pada penduduk sekitar, dipastikan penduduk banyak yang sudah mengetahui lokasi vihara ini.

Nama vihara ini merupakan sebutan Dewi Kwan Im yang berarti mendengar suara dunia. Patung yang bahannya diimpor langsung dari negeri Cina ini menelan biaya hampir 9 miliar! Patung ini selesai dibangun dalam jangka waktu hampir 3 tahun. Tepatnya diresmikan pada tanggal 15 November 2005 dan dinobatkan sebagai patung Dewi Kwan Im yang tertinggi di Asia Tenggara oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) pada tahun 2008.

Sebelum mencapai objek patung tersebut, terdapat bermacam-macam patung yang tentunya memiliki makna tersendiri. Antara lain, terdapat patung 12 shio yang berjejer rapi sesuai dengan urutannya. Yaitu dari tikus, kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi.

Tepat di area pelatarannya terdapat taman yang dihiasi dengan patung dewa-dewa dalam agama Buddha dan juga terdapat kolam ikan di sana. Untuk naik ke pelataran Patung Dewi Kwan Im kita harus melalui jembatan yang cukup unik khas Tiongkok.

Setelah naik beberapa anak tangga, sampailah ke tempat di mana patung itu berdiri. Ternyata sungguh megah. Tidak salah jika patung ini masuk rekor MURI, pikir saya. Di sisi sebelah kiri terdapat Roda Doa (Wheel Prayer) berukuran besar dan di sebelah kanan terdapat genta yang juga berukuran besar. Bukan tidak mungkin, jika pembangunan vihara ini selesai seutuhnya dan vihara dipelihara dengan baik, akan mendatangkan wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Itulah sedikit informasi singkat dan menarik tentang tempat wisata yang ada di Pematangsiantar. Jadi, jika anda berkunjung ke kota Pematangsiantar, sempatkan waktu anda untuk mengunjungi tempat menarik ini.

Editor: Tim WartaGAS / Tagor Leo
Sumber: Blog Si Anak Siantar
loading...

No comments

Powered by Blogger.