Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Presiden Jokowi Optimis e-Commerce Indonesia Berkembang Pesat

WARTAGAS.COM - Dunia ekonomi digital di Indonesia sudah semakin berkembang, meskipun masih jauh tertinggal dari beberapa negara maju seperti Amerika Serikat. Meskipun demikian, Presiden Joko Widodo sangat optimis e-commerce di Indonesia bisa berkembang pesat.

Presiden Jokowi Optimis e-Commerce Indonesia Berkembang Pesat
Presiden Jokowi saat membuka Indonesia E-Commerce Summit and Expo di ICE (Indonesia Convention Exhibition), BSD, Tangerang Selatan, Rabu (27/4/2016). (Foto: detik)

"Saya berpikir bagaimana mengejar ini, bagaimana mempercepat ini supaya ketertinggalan tidak terlalu jauh. Kita harus menambah developer dan startup kita," kata Jokowi saat membuka Indonesia E-Commerce Summit and Expo di ICE (Indonesia Convention Exhibition), BSD, Tangerang Selatan, Rabu (27/4/2016).

Melihat fakta saat ini, Presiden mengaku bahwa dunia ekonomi digital Indonesia sudah cukup lengkap. Hampir semua bidang sudah usaha sudah tersentuh digitalisme.

"Tadi setelah melihat pamerannya saya semakin optimis bahwa sebetulnya ekosistemnya itu sudah mulai terbentuk. Ada yang tadi mengawal untuk perusahaan-perusahaan yang ingin masuk ke e-commerce. Ada yang ngurusi masalah keuangannya, pembayarannya, ada payment gatewaynya juga. Hampir semua sektor kita lihat sudah ada, kuliner ada, petani ada, toko-toko juga ada, ekosistemnya ada," jelas Jokowi.

"Tinggal pemerintah memang mendorong agar semakin banyak orang tahu ini sudah ada, ini sudah ada, ini sudah ada. Artinya mengedukasi masyarakat di sekolah SD, SMP, SMA, mahasiswa. Semua mengedukasi ini agar disaat digital ekonomi benar-benar sudah masuk total ke kita semuanya siap," imbuhnya.

Jokowi lalu berpesan pada Menkominfo Rudiantara agar bisa menyiapkan dukungan kepada para perusahaan startup. Rudiantara menurut Jokowi harus bisa menyiapkan inkubator untuk melahirkan lebih banyak lagi perusahaan-perusahaan berbasis digital.

"Startupnya harus diperhatikan, tadi ada Hello Doc, ada untuk petani, semua harus diberikan dorongan betul agar bisa melompat ke level yang berikutnya. Carikan pemodal yang mereka bisa bekerjasama agar bisa melangkah ke level yang lebih atas," tegasnya.

Selain itu, Presiden juga berpesan agar perusahaan e-commerce bisa menyentuh produk-produk yang dihasilkan para petani dan nelayan di desa. Sehingga manfaat e-commerce bisa dirasakan semua lapisan masyarakat.

"Saya titip e-commerce dapat membantu saudara petani yang ingin menjual produknya, nelayan, usaha mikro kecil, saudara-saudara dari desa dan pelosok," tutur Jokowi.

Sumber: detik
loading...

No comments

Powered by Blogger.