Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

10 Juli, Diprediksi Puncak Arus Balik di Bandara Kualanamu

WARTAGAS.COM - PT AP II Cabang Bandara Kualanamu memprediksi besok, Minggu (10/7) akan mengalami puncak arus balik hari raya Idul Fitri 1437 H di Bandara Kualanamu.

10 Juli, Diprediksi Puncak Arus Balik di Bandara Kualanamu
Antrian penumpang di SCP I terminal keberangkatan Bandara Kualanamu (Foto: Metro-online.co)

Ketua posko angkutan lebaran tahun 2016 Bandara Kualanamu, Ufnizar, pada Sabtu (9/7) menerangkan, besok diprediksi puncak arus balik di Bandara Kualanamu seiiring habisnya masa cuti bersama.

“Besok diprediksi puncak arus balik di Bandara Kualanamu seiiring habisnya masa cuti bersama,” ujar Ufnizar.

Ufnizar pun merincikan berdasarkan data posko angkutan lebaran tahun 2016 untuk H+1 Jumat (8/7) jumlah penumpang untuk kedatangan domestik sebanyak 11.623 orang dengan 86 pesawat meningkat 12 persen bila dibandingkan tahun lalu yang hanya 10.400 orang dengan 78 pesawat.

Sementara untuk keberangkatan domestik untuk H+1 jumlah penumpang mencapai 11.537 dengan 86 pesawat meningkat 8,86 persen bila dibandingkan tahun lalu yang hanya 10.078 orang dengan 79 pesawat.

Sedangkan untuk kedatangan internasional, untuk H+1 kemarin jumlah penumpang 3.019 penumpang dengan 19 pesawat mengalami penurunan sebesar 7 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 3.263 penumpang dengan 26 pesawat.

Jumlah penumpang untuk keberangkatan internasional pada H+1 juga mengalami penurunan sebesar 38 persen bila dibandingkan tahun lalu. Dimana pada H+1 kemarin jumlah penumpang yang berangkat melalui terminal kedatangan internasional hanya 2.136 orang dengan 19 pesawat sedangkan tahun lalu mencapai 3.448 orang dengan 25 pesawat.

“Pada H+1 kemarin total pergerakan penumpang baik untuk kedatangan dan keberangkatan domestik maupun internasional mencapai 28.315 orang dengan menumpang 210 pesawat, mengalami peningkatan sebesar 4 persen bila dibandingkan tahun lalu yang hanya 27.189 orang dengan menumpang 208 pesawat,” terangnya.

Lanjut Ufnizar hingga siang tadi tercatat pergerakan penumpang, baik untuk kedatangan dan keberangkatan domestik maupun internasional, jumlah penumpang mencapai 8.212 orang dengan menumpang 69 pesawat.

“Untuk arus balik, penumpang paling banyak ke Jakarta. Untuk keterlambatan jadwal penerbangan masih ada namun tidak lama hanya 30 menit sampai 60 menit. Diperkirakan hingga besok malam masih terjadi lonjakan penumpang,” jelas Ufnizar.

Terpisah Kapolres Deliserdang AKBP Robert Da Costa menegaskan, besok diprediksi akan terjadi puncak arus balik untuk jalur darat. “Besok diprediksi akan terjadi puncak arus balik, untuk titik kemacetan diperkirakan terjadi di pintu keluar tol Tanjung Morawa dan Simpang Kayu Besar,” tegas Robert.

Amatan di terminal chek ini Bandara Kualanamu, sudah terlihat antrian panjang penumpang yang akan melakukan chek in khususnya dicounter chek in maskapai Lion Air. Antrian penumpang juga terlihat di pemeriksaan Security Chek Point (SCP) I terminal keberangkatan maupun di SCP pintu masuk lantai III Bandara Kualanamu. ***

Sumber: Metro-online.co
loading...

No comments

Powered by Blogger.