Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Inilah 37 Bumbu Resep Masakan Nusantara yang Wajib Diketahui

WARTAGAS.COM - Untuk kali ini, kita membahas tentang Resep Masakan Nusantara yang wajib kita ketahui. Apabila Anda suka mengenai kuliner Indonesia, tulisan ini sangat pas dan cocok untuk disimak.

Inilah 37 Bumbu Resep Masakan Nusantara yang Wajib Diketahui
Bumbu Resep Masakan Nusantara (Foto: buselvi.com)

Inilah 37 Bumbu Resep Masakan Nusantara yang Wajib Diketahui
Kuliner adalah salah satu kebutuhan manusia sehari – sehari, yang sudah tidak bisa di lepaskan dari kehidupan manusia. bermacam ragam masakan yang bisa kita sajikan, dari berbagai macam daerah dan Negara.

Nah alangkah baiknya kalau kita bisa mengenal satu persatu bahan – bahan yang biasa di pakai seperti hal nya rempah – rempah, mungkin kita tidak banyak mengenal bahan bumbu dan rempah – rempah, yang kita kenal hanya yang beredar di pasar dan warung – warung terdekat anda, karena sebagian mungkin susah di dapat.

Dan mungkin hanya bisa mendapatkanya di tempat daerah dan toko yang menyediakanya, ok sekarang kita pelajari dulu nama dan kegunaanya satu persatu kita mulai dari bahan – bahan yang mudah dan susah kita di dapat.

1 Bawang Merah
Bawang Merah

Bawang merah memberikan aroma dan citra rasa yang amat sangat menggoda selera, hampir semua bumbu mengunakan bahan dasar dari bawang merah. dari yang di tumbuk sampai yang di goreng, untuk bahan taburan di aneka masakan dan hidangan nusantra.

Berbagai macam ragam masakan yang mengunakan bawang merah dari bahan ikan sampai bahan daging, sayur mayur dan lain sebagainya. apa lagi bawang merah diolah menjadi bawang goreng di taburkan di sayur berkuah seperti sop, gulai,soto dan banyak lagi yang lainya, alangkah banyak kegunaan dan manfaat dari si bawang merah ini.

Dan bawang merah cukup mudah untuk di dapat karena bawang merah sudah mendunia dan sangat di butuhkan, tanpa bawang merah semua masakanpun akan terasa kurang sempurna.karena dari aroma dan rasa yang sangat sedap apa bila sudah di buat bumbu atau di buat bawang goreng.

2 Bawang Putih
Bawang Putih

Bawang putih mempunyai aroma yang sedap dan khas,dan bawang hampir semua masakan menggunakan bawang putih.karna masakan tanpa bawang putih akan membawa rasa dan aroma yang kurang sedap, karna bawang putih tidak pernah ketinggalan dalam semua masakan nusanttara.

Seperti Negara kita Indonesia terkenal dengan rempah – rempahnya, bawang putih bisanya di giling dan campur dengan bumbu yang lainya untuk bumbu bahan masakan apa yang akan anda masak dan hidangkan.

Tapi banyak juga yang mengunakan bawang putih tanpa di uleg, Seperti orang – orang cina mereka selalu menggunakan bawang putih dengan cara di memarkan di buang kulitnya dan di cincang karena dengan di memarkan bawang putih akan terasa lebih harum.

3 Belimbing Wuluh
Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh / belimbing sayur bentuknya panjang lonjong berwarna hijau, biasanya di pakai untuk masakan yang berkuah seperti garang asem dan yang lainya.belimbing wuluh akan menambah rasa asam dan segar pada masakan itu sendiri, Belimbing wuluh bisa di campurkan ke dalam masakan dengan cara di potong tipis atau di belah jadi dua.

4 Daun Bawang
Daun Bawang

Daun bawang biasanya di gunakan untuk aneka macam olahan seperti sayur berkuah,tumisan dan gorengan dan banyak yang lainya lagi.apalagi pepesan ikan, ayam sangat bergantung dengan adanya bawang daun karena bawang daun memberi citra rasa yang khas dan gurih pada masakan.

5 Bawang Batak / lLokio
Bawang Batak / lLokio


Bawang batak atau disebut juga lokio biasa di gunakan di dapur, biasanya yang di gunakan bagian umbinya dan di gunakan untuk campuran masakan seefood.

Khusunya orang orang melayu dan medan, mereka suka menggunakan bawang batak untuk campuran masakan,mungkin sekarang banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan bawang batak ini karena masaknya cukup mudah dengan di tumis saja rasanya sangat lezat

6 Adas Manis
Adas Manis

Adas manis merupakan rempah kering yang berwana putih bentuknya seperti jintan, tapi adas bentuknya agak bulat.adas beraroma harum dan rasanya agak manis, adas biasa di gunakan pada masakan melayu, sumatra dan india india. rempah yang satu ini cukup mudah di dapat karena adas bermamfaat untuk bumbu olahan masakan nusantra.

7 Andaliman

Apa anda sudah mengenal andaliman? andaliman adalah salah satu rempah yang terdapat di indonesia hanya di kabupaten toba samosir dan tapanuli utara, sumatra utara. andaliman adalah rempah yang berbentuk seperti merica bulat kecil dan berwarna hitam setelah kering.

8 Asam Gelugur
Asam Gelugur

Asam glagur atau gelugur adalah salah satu bumbu masakan nusantara yang di buat dari sejenis kulit mangga hutan yang di keringkan dan berwara agak kehitaman setelah di keringkan. Asam glagur biasa di gunakan di daerah sumatra khususnya untuk masakan sayur dan gulai ikan hasil laut, karena asam glagur mempunyai rasa asam pada masakan dan rasa akan terasa lebih segar.

9 Asam Jawa
Asam Jawa

Asam jawa yang beredar di pasaran ada dua macam yaitu asam jawa yang masih mentah dan asam yang sudah matang, asam jawa yang masih mentah biasa di gunakan untuk sayur asam, sedangkan yang sudah matang banyak sekali kegunaanya.

Banyak olahan – olahan nusantara yang mengunakan asam jawa, apakah anda tau asam sangat banyak mamfaatnya,karena asam jawa akan menambah rasa asam pada masakan dan menghilangan bau amis pada ikan dan banyak lagi olahan lainya yang menggunakan asam jawa.

10 Asam Kandis
Asam Kandis
Asam kandis berasal dari kulit jeruk limau yang di keringkan hingga berwarna agak kehitaman, asam kandis biasanya banyak di gunakan untuk masakan padang karena asam kandis mempunyai citra rasa asam pada masakan hingga masakan akan terasa lebih segar,dengan cara memasukan asam kandis pada masakan.

11 Cabe Merah
Cabe Merah

Cabe merah adalah salah satu tambah masakan nusantra yang sering digunakan alangkah banyak olahan nusantra yang menggunakan bahan dari cabe merah, cabe merah yang beredar di pasaran ada dua macam ada cabe merah yang besar dan ada cabe merah keriting.

Dua-duanya sama mamfaatnya dan cabe merah akan memberi warna merah yang menggoda dan pedas pada masakan, cabe merah keriting banyak digunakan untuk masakan padang juga karena rasanya lebih pedas,,,alangkah banyaknya mamfaat dan kegunaan dari cabe merah.

12 Cengkeh

Cengkeh biasanya di jual dalam keadaan kering, di campurkan dalam masakan dalam keadaan utuh, cengkeh mempunyai aroma yang khas dan cengkeh akan mengeluarkan aroma yang khas sehingga akan mengeluarkan aroma yang harum.

cengkeh juga akan mengeluarkan rasa hangat dan pedas pada masakan,dan cengkeh juga banayak di gunakan banyak olahan nusantara.

13 Daun Jeruk

Daun jeruk purut sangatlah banyak digunakan untuk berbagai masakan nusantara,daun jeruk mempunyai aroma yang harum dan khas sehingga masakan akan terasa harum dan segar, dan tentunya sangatlah menggoda selera apa lagi untuk masakan daging.

Untuk mendapatkan aroma harumnya yang maksimal anda bisa membuang tulang dan di iris tipis ini biasanya di gunakan untuk membuat rempeyek daun jeruk setelah di goreng akan mengeluarkan dan rasa yang sangat harum dan lezat

14 Daun Kunyit
Daun Kunyit

Daun kunyit biasa di gunakan untuk aneka masakan khusunya masakan rendang, gulai dan yang lainya daun kunyit bisa di gunakan dalam keadaan segar atau pun sudah di iris – iris, daun kunit akan memberikan rasa masakan yang lezat dan aroma yang khas,biasanya daun kunyi banyak di gunakan di daerah sumatra barat

15 Daun Salam
Daun Salam

Daun salam dalah salah satu bumbu masakan nusantara yang tidak bisa di tinggalkan karena daun salam sangatlah di butuhkan dalam masakan nusantra selain aromanya yang harum daun salam juga membuat masakan akan terasa lebih lezat,masakan tidaklah sempurna tanpa aromanya daun salam yang membuat masakan akan terasa lebih gurih.

16 Jahe
Jahe

Jahe salah satu rempah yang berasa hangat dan berbau tajam,jahe bisa di campurkan dalam masakan dalam keadaan segar, bisa di haluskan mebersama bumbu yang lainya atau cukup dengan di potong – potong dan di memarkan.

Jahe bisa menghilangkan bau amis pada ikan dengan cara di parut lalu ambil airnya atau bisa di haluskan, jahe juga sama banyak kegunaanya dan banyak di gunakan untuk olahan atau masakan nusantara.

17 Jeruk Limau
Jeruk Limau atau Jeruk Limo

Jeruk limau adalah salah satu jeruk yang sangat kecil tapi beraroma harum dan rasa yang segar, jeruk limau biasa di gunakan untuk campuran sambal dan bumbu sate dengan cara di belah dua dan di ambil airnya menambah aroma segar pada sambal atau masakan lainya.

18 Jeruk nipis
Jeruk nipis

jeruk nipis bisanya yang di gunakan bagian airnya, jeruk nipis mempunyai rasa asam bisa di gunakan untuk campuran masakan seperti soto dan jeruk nipis juga bisa di gunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan/seefood agar tidak berbau amis dan bisa di gunakan untuk olahan lainnya.

19 Jintan
Jintan

Jintan adalah salah satu rempah yang banyak di gunakan untuk tamabahan bumbu olahan nusantara, jintan biasanya di jual dalam bentuk biji kering atau berbentuk serbuk. Jintan selain wangi dan segar jintan juga memberikan rasa manis pada masakan.

Untuk menghasilkan aroma yang maksimal sebaiknya sebelum di gunakan jintan yang berbentuk butiran di sangrai dulu baru di campurkan pada masakan.

20 Kapulaga
Kapulaga

Kapulaga juga termasuk rempah yang banyak di gunakan untuk masakan nusantara, dengan bentuknya yang bulat putih dan lingkaran di tengahnya. Kapulaga biasanya di jual dalam keadaan kering dan di campurkan kedalam masakan dengan cara di memarkan. Kapulaga merikan aroma yang harum.

21 Kas-kas
Kas-kas rempah masakan nusantara

Kas-kas salah satu rempah yang di hasilkan dari biji bunga candu bentuknya halus seperti pasir dan berwarna putih, kas-kas hanya bisa di dapat di pasar tradisional atau toko sualayan yang bagian rempah-rempah yang ada di sekitar anda.

Kas-kas biasanya di gunakan untuk masakan daging trutama daging kambing, karena kas-kas sdlain memberikan aroma yang harum, kas-kas juga dapat mengempukan daging.

22 Kayu Manis
Kayu Manis


Kayu manis adalah rempah yang di hasilkan dari kulit kayu manis, kayu manis yang ada di pasaran kita ada dua macam, ada yang berbentuk utuh dan berbentuk serbuk.

Kayumanis biasanya di gunakan untuk olahan masakan berkuah, karena rempah yang satu ini akan memberikan rasa yang segar dan manis pada masakan karena dengan di masukanya kayu manis kedalam masakan akan memperkaya rasa dan aroma yang segar.

23 Keluwek
Keluwek

Keluwek biasa di gunakan bagian dalam dagingnya karena keluwek mempunyai kulit yang sangat keras, keluwek selain memberi rasa yang yang enak dan gurih keluwek juga memberikan warna hitam pada masakan.

Keluwek biasa di gunakan untuk masakan yang ga asing lagi yaitu sayur rawon, sebelum anda mengeluarkan isinya sebaikanya keluwek anda rendam dulu dalam air.

Karena disitulah anda bisa membedakan mana keluwek yang isi bagus dan tidak, jika keluwek itu bagus maka keluwek akan tenggelam dalam air jika kurang bagus keluwek akan terapung di atas air.

24 Kemangi
Daun Kemangi

Kemangi adalah salah satu tumbuhan yang serbaguna karena bukan saja bisa di gunakan untuk olahan kemangi juga bisa di gunakan sebagai lalapan mentahan apa lagi di santap dengan nasi panas, ayam bakar dan sambal terasi rasanya akan terasa lezat.

Kemangi juga bisa di gunakan sebagai olahan seperti ikan di bumbu kuning masih banyak olahan yag mengunakan kemangi, seperti masakan yang satu ini dan sudah tidak asing lagi yaitu pepes yang selalu menggunakan kemangi, Karena kemangi membuat masakan terasa khas dan segar dengan aroma dan baunya yang harum.

25 Kemiri
Kemiri

Kemiri selain mengandung minyak yang membuat masakan terasa gurih dan kental seperti menggunakan satan, kemiri juga memberikan citra rasa yang lezat dan gurih

Campurkan kemiri dengan bumbu yang lainnya dengan cara di haluskan, untuk mengahasilkan rasa yang sempurna sebaiknya kemiri di sangrai dulu.

26 Kencur
Kencur

Kencur biasanya di gunakan untuk olahan seperti urab, karedok dan banyak olahan lainya lagi, mempunyai aroma yang sangat khas dan sangat harum, Sehingga olahan yang mengunakan kencur akan terasa lebih segar dan nikmat.

27 Ketumbar
Ketumbar

Ketumbar adalah salah satu rempah yang banyak di gunakan khususnya olahan goreng-gorengan seperti ayam goreng, rempeyek aneka rempeyek selalu melekat dengan aroma dan rasa dari ketumbar.

Bentuk ketumbar bentuknya hampir sama dengan merica, hanya saja kalau ketumbar tekturnya terasa lebih kasar dan ringan olahan yang menggunakan ketumbar akan mengeluarkan rasa dan aroma yang khas dan harum.

Cara pemakaiyan haluskan ketumbar dan campur dengan bumbu yang lainya dan masukan kedalam olahan yang akan di olah, karena ketumbar salah satu rempah yang banayk di gunakan untuk olahan nusantara.

28 Klabet
Klabet

Klabet adalah rempah yang sering di gunakan untuk masakan seperti gulai dan kari, klabet berbentuk butiran kecil yang berwarna coklat dan kemerahan, klabet mempunyai aroma yang sangat tajam.

Klabet bisa anda dapat di pasar tradisional di tempat yang berjualan bumbu-bumbu dapur dan klabet di jual dipasar dalam keadaan kering.

29 Kunyit
Kunyit

Kunyit adalah alah satu rempah yang berwarna kuning warnanya susah di hilangkan kalau sudah menempel di tangan atau baju, kunyit biasa di gunakan untuk masakan yang berkuah atau di goreng karna kunyit selain memberikan warna kuning pada masakan kunyit juga memberikan aroma yang harum pada masakan.

Untuk mendapatkan masakan yang enak sebelum anda mencampur kunyit dengan bumbu lain alangkah baiknya k kunyit di bakar dulu agar tidak mengeluarkan aroma kunyit mentah khususnya buat olahan yang berkuarh, agar rasanya lebih enak.

30 Lengkuas
Lengkuas

Lengkoas mempunyai aroma yang segar jika di masukan ke dalam masakan, anda bisa menghaluskan lengkuas dengan bumbu yang lainya, atau bisa juga dengan cara di iris atau di memarkan tergantung olahan apa yang anda buat.

Jika anda ingin menghaluskan lengkuas dengan bumbu lainya, sebaiknya pilih lengkuas yang masih muda supaya lebih mudah untuk di haluskan karena tidak terlalu banyak serat, hingga mudah untuk di haluskan.

31 Merica atau Lada
Merica atau Lada: Lada Hitam dan Lada Putih

Merica yang ada di pasaran kita ada dua macam yaitu merica putih dan merica hitam,merica putih berasal dari merica tua yang di kupas dari kulitnya setelah di keringkan sedangkan merica hitam atau nama fopulernya lada hitam berasal dari lada muda atau lada yang masih hijau yang di kupas dan keringkan.

Rasanya lada hitam lebih pedas di banding lada putih, dua merica ini sudah tidak asing lagi di dunia kuliner atau olahan nusantara, karena bukan hanya saja memberi rasa pedas pada masakan lada juga memberikan aroma yang khas, lada putih biasanya banyak di gunakan untuk bali, aceh dan masakan nusantara yang lainya.

32 Biji Pala
Biji Pala

Biji pala sangatlah berguna untuk aneka olahan masakan nusantara berbagai olahan banyak yang mengunakan biji buah pala ini, karenabiji buah pala ini memilki aroma yang wangi dan rasanya yang khas.

Buah biji pala biasanya di gunakan untuk olahan daging,ikan dan banyak lagi olahan yang mengunakan buah biji pala, karena buah biji pala bukan hanya mengeluarkan aroma yang harum buah biji pala juga memberikan rasa hangat pada masakan.

33 Pekak
Pekak biasanya di sebut juga dengan sebutan bunga lawang

Rempah yang satu ini sangatlah unik tapi jangan salah pekak juga banyak di gunakan untuk berbagai ragam masakan, bentuknya seperti bintang dengan warna coklat tua dan tekturnya yang keras.

Pekak biasanya di sebut juga dengan sebutan bunga lawang, masukan pekak pada masakan dalam keadaan utuh maka pekak akan mengeluarkan aroma yang khas pada masakan.

34 Seledri
Daun Seledri

Seledri biasa di gunakan dancocok untuk olahan yang berkuah seperti bakso dan sop, karena seldiri mempunyai rasa dan aroma yang segar dan khas dila di campurkan.

35 Sereh
Sereh atau Serai

Sereh rempah yang satu ini sudah tidak asing lagi di dunia kuliner dan olahan nusantara,sereh biasanya di ambil bagian batangnya di memarkan dan di masukan kedalam masakan, maka masakan akan mengeluarkan aroma yang harum pada masan.

36 Taoco
Taoco

Taoco adalah salah satu olahan yang terbuat dari biji kacang kedelai yang di rebus dan permentasikan, taoco biasa digunakan untuk camputan masakan seperti daging,ikan dan banyak olahan yang lainya.

37 Terasi
Terasi

Terasi adalah olahan yang berasal dari udang kecil atau di sebut rebon yang di permentasikan, bentuk kotak atau bulat setelah di olah, warnanya hitam kecoklatan dan memiliki aroma dan baunya yang tajam terasi biasanya di gunakan untuk sambal dan olahan lainya.

Demikianlah ulasan tentang 37 Bumbu Resep Masakan Nusantara yang Wajib Diketahui. Semoga bermanfaat dan Selamat memasak. Tuhan memberkati. Horas.***

Laporan: Tim
Sumber: buselvi.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.