Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Siapakah Calon GUBSU Pada Periode Yang Akan Datang?

WARTAGAS.COM - Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (GUBSU) sudah dekat. Banyak Bakal Calon Gubsu yang ingin bertarung pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Sumatera Utara (Sumut) untuk memperebutkan kursi no 1 di provinsi yang memiliki semboyan "Marsipature Hutanabe" (Martabe) ini.

Siapakah Calon GUBSU Pada Periode Yang Akan Datang?  - Gambar: Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Utara
Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Utara

Beberapa media, baik media online maupun media cetak, sudah gencar mempromosikan calon-calon yang ingin maju menuju Sumut 1 ini. Ntah itu promosi langsung oleh sang calon, maupun dipromosikan oleh pendukung sang calon. Padahal, calon-calon tsb belum disahkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Sumatera Utara. Memang di akui, sampai saat ini belum ada pendaftaran calon Gubsu dan wagubsu di KPUD Provinsi Sumut.

Tahukah anda, bahwa untuk menjadi Bakal Calon (Balon) Gubsu dan Wagubsu itu bukanlah perkara yang muda dan gampang. Tidak tahu alasannya kenapa. Apakah karena budaya atau adat istiadat, atau karena nuansa politik di Sumut. Disisi lain, kentalnya kekerabatan (kekeluargaan) juga sangat mempengaruhi perpolitikan di provinsi yang memiliki Wisata Danau Toba yang terkenal ini.

Peta perpolitikan di Sumut untuk saat ini bisa dikatakan sudah maju. Tidak tahu apakah karena masyarakat Sumut sudah pintar-pintar dalam berpolitik atau memang sudah terbiasa membicarakan politik. Lihat saja, banyaknya organisasi masyarakat (ormas) yang bertaburan di berbagai pelosok daerah sumut, baik itu di kabupaten, kotamadya bahkan di kecamatan juga di kampung-kampung.

Dengan demikian, pilihan para Balon Gubsu dan Wagubsu untuk bertarung pada Pilkada Sumut yang akan datang lebih cenderung memilih melalui jalur Partai Politik. Tentu alasannya karena ada dukungan, baik itu dari petinggi partai juga dari ormas-ormas pendukung partai tsb. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan para Balon Gubsu dan Wagubsu akan memilih jalur perseorangan (independent).

Perebutan kekuasaan di Sumut, istilah jalur perseorangan (independent) belumlah begitu familiar atau populer. Atau dengan kata lain, tidak begitu diminati oleh berbagai kalangan. Seperti yang kami katakan tadi diatas, bahwa balon akan cenderung mencari pendukung yang jelas-jelas bisa mendukungnya. Disisi lain, memilih jalur independent akan memerlukan waktu yang sangat lama dalam pengumpulan KTP. Apabila balon Gubsu dan Wagubsu ada yang maju lewat jalur independent, itu artinya, si kandidat adalah benar-benar punya pengaruh yang besar di provinsi yang memiliki Bandar Udara Internasional yang megah dan besar KUALANAMU Internasional Airport ini. Dengan kata lain, si kandidat punya uang banyak.... hehehehe.

Lalu pertanyaannya adalah, Siapakah Calon GUBSU Pada Periode Yang Akan Datang?

Seperti yang kami uraikan diatas, bahwa untuk menjadi Bakal Calon (Balon) Gubsu dan Wagubsu itu bukanlah perkara yang muda dan gampang. Oleh karena itu, selain memiliki Visi dan Misi yang bisa mempengaruhi masyarakat Sumut, sebagai Balon Gubsu dan Wagubsu ada baiknya untuk memperhatikan point-point berikut di bawah ini, seperti yang disampaikan oleh Akun Ocy Damanik (20/9) dalam Group Anak Siantar (GAS).

1. Toleransi, Kerukunan
2. Pendidikan,
3. Kesehatan,
4. Lapangan Pekerjaan,
5. Olahraga,
6. Kepemudaan,
7. Kebudayaan,
8. Pariwisata,
9. Transportasi darat, laut, udara,
10. Air bersih,
11. Listrik,
12. Saluran Air/Paret/Drainase,
13. Taman, Ruang Terbuka Hijau
14. Jembatan,
15. Irigasi,
16. Rumah Harga Terjangkau
17. Jalan Propinsi,
18. Jalan Perbatasan,
19. Jalan Kotamadya, Jalan Kabupaten, Jalan Nasional/Negara,
20. Pertanian,
21. Perikanan,
22. Peternakan,
23. Perkebunan,
24. Kehutanan,
25. Kelautan,
26. Pertambangan,
27. Usaha Kecil Menengah,
28. Pasar Tradisional
29. Dan lain sebagainya (Silahhkan Anda isi yah....)

Selain ponit-point diatas, Balon Gubsu dan Wagubsu juga perlu kerjasama yang baik dengan aparat keamanan. Namun, bukan suatu keharusan bagi kandidat untuk terjun kelapangan dalam hal mengamankan daerah yang akan dipimpinnya kelak.
  • Untuk urusan Keamanan biarlah di tangani Polri (Kapolda), dibantu unsur TNI (Pangdam, DanlanAL, DanlanUD)
  • Untuk urusan Pertahanan di tangani TNI (Pangdam, DanlanAL, DanlanUD)
  • Untuk urusan Narkoba di tangani Pihak Polri dan BNN di bantu unsur TNI
  • Untuk urusan Korupsi di tangani Polri, KPK, Kejaksaan
  • Untuk urusan Keadilan Hukum, di tangani Hakim.
  • Jadi Gubernur cukup Koordinasi melalui Lisan dan Tulisan kepada Polri (Kapolda), BNN (Kepala BNNP), Pimpinan KPK, TNI (Pangdam, Danlanud, Danlanal) dan Pejabat Pejabat Lembaga Lainnya tentang sesuatu hal di Propinsi Sumatera Utara.

Apakah Anda ingin mencalonkan diri sebagai GUBSU dan WAGUBSU? Ada baiknya memperhatikan uraian yang telah kami paparkan diatas. Yang perlu dibutuhkan masyarakat Sumut adalah Anda sebagai GUBSU dan WAGUBSU memiki dan melaksanakan Tugas Utama sebagai Gubernur adalah Membangun Provinsi, Memberikan Pelayanan Pada Masyarakat yang adil dan bijaksana. Kami kira itu sudah CUKUP dan MANTAP.

Dan kepada warga Sumut, WartaGAS sebagai salah satu media online yang erat hubungannya dengan Provinsi Sumut mengajak dan menghimbau agar Bijak memilih GUBSU dan WAGUBSU, secara logika dan masuk akal. Pilihlah sesuai dengan hati nurani, dan gunakan HAK SUARA Anda. Ingat, Jangan GOLPUT.(Baca Juga: Inilah Tips Memilih Kepala Daerah dalam Pilkada Yang Akan Datang).


Editor: Hans Ringo dan Tim WartaGAS
loading...

No comments

Powered by Blogger.