Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Ternyata Anies Baswedan-Sandiaga Penantang Kuat Ahok, Ini Buktinya

WARTAGAS.COM - Di saat-saat terakhir menjelang pendaftaran cagub DKI, duet Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mencuat untuk Pilgub DKI. Fakta survei menunjukkan kedua orang itu adalah lawan terberat cagub DKI incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ternyata Anies Baswedan-Sandiaga Penantang Kuat Ahok, Ini Buktinya
Pasangan Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga pada Pilkada 2017 yang akan datang. Foto: detik.com

"Dalam simulasi dua kandidat head to head, elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berada di angka 44,62%, sementara Anies Baswedan berada di angka 30,74%. Jika ditelisik, perolehan suara Anies Baswedan cukup mengejutkan mengingat selama ini jarang masuk radar pemberitaan sebagai kandidat di Pilkada DKI Jakarta. Ini berarti sosok Anies sangat potensial menjadi penantang Ahok," demikian kesimpulan hasil survei Poltracking yang dipublikasikan Kamis (15/9/2016) kemarin.

Survei ini dilakukan tanggal 6-9 September 2016. Populasi survei adalah warga negara Indonesia di Provinsi DKI Jakarta yang punya hak pilih. Penarikan sampel menggunakan teknik multistage random sampling. Jumlah sampelnya 400 responden dengan margin of error 4,95 persen pada tingkat kepercayaan 95%.

Sementara itu Sandiaga Uno jika head to head dengan Ahok berada di bawah Anies Baswedan dengan dukungan 29,49 persen responden. Sandiaga juga merupakan kandidat kuat penantang Ahok.

Berikut head to head Ahok dengan para penantang potensialnya:
  • Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (44,10%) vs Tri Rismaharini (33,85%), Tidak menjawab: 22,05%
  • Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (44,60%) vs Anies Baswedan (30,74%), Tidak menjawab: 24,64%
  • Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (45,90%) vs Sandiaga Uno (29,49%), Tidak menjawab: 24,61%
  • Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (49,49%) vs Yusril Ihza Mahendra (23,33%), Tidak menjawab: 27,18%
Lalu apa jadinya jika dua penantang potensial Ahok itu bersatu menghadapi incumbent di Pilgub DKI 2017 mendatang? Yang jelas Sandi sudah siap duet dengan Anies Baswedan.

Sandiaga bahkan siap kalau diusung sebagai cawagub DKI mendampingi Anies Baswedan. "Iya. Level Pak Anies itu kemarin calon presiden," kata Sandiaga kepada wartawan di Posko Sandiaga di Jl Melawai No 16, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2016).

Sejumlah parpol yang tergabung dalam koalisi kekeluargaan juga sedang menjajaki kemungkinan mengusung duet ini. Apakah keduanya bakal benar-benar duet di Pilgub DKi 2017?***


Laporan: Tim
Sumber: newsdetik
loading...

No comments

Powered by Blogger.