Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Selamat Hari Ibu Nasional 22 Desember 2016

WARTAGAS.COM - Ibu adalah sosok pahlawan dalam hidup kita, sosok ibu takkan tergantikan sepanjang masa, perannya ia begitu besar, pengorbanan dan kasih sayang seorang ibu takkan tergantikan sepanjang masa.

Selamat Hari Ibu Nasional 22 Desember 2016
Selamat Hari Ibu Nasional 22 Desember 2016

Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Di Indonesia hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.

Sementara di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother's Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Ini Cerita Sejarah Hari Ibu

Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara nasional setiap tanggal 22 Desember. Tanggal itu dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Google doodle bahkan memajang gambar untuk memperingati Hari Ibu 2016.

Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, karena hari itu diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. Orang-orang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, 22-25 Desember 1928. Kongres ini diselenggarakan di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran, yang kini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta.

Kongres ini dihadiri sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatra yang kemudian melahirkan terbentuknya Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Di Indonesia, organisasi wanita telah ada sejak 1912, terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia pada abad ke-19 seperti Kartini, Christina Martha Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, dan lainnya. Kongres dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan.

Agenda utama Konggres Perempuan Indonesia I adalah persatuan perempuan nusantara, peranan perempuan dalam perjuangan kemerdekaan, peranan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa, perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, hingga pernikahan usia dini bagi perempuan, dan lain sebagainya.

Kongres Perempuan Indonesia II kemudian digelar Juli 1935. Dalam konggres ini dibentuk BPBH (Badan Pemberantasan Buta Huruf) dan menentang perlakuan tidak wajar atas buruh wanita perusahaan batik di Lasem, Rembang.

Peringatan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember baru ditetapkan pada Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Secara resmi tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno melalui melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 menetapkan bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga saat ini.

Peran Ibu Dalam Membangun Bangsa

Peranan ibu dalam membangun bangsa ini sangatlah besar, pembangunan sebuah bangsa tidak hanya tergantung kepada mereka pemerintah yang menjalankan sebuah roda pemerintah sebagai pelaku yang bertugas dalam negara ini.

Maka untuk itulah Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia, mengajak perempuan dan berbagai elemen masyarakat Indonesia untuk merayakan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-88 2016 dengan tema “Kesetaraan perempuan dan laki-kaki untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan”.

Dalam terkait Peringatan Hari Ibu (PHI) 2016 Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Repbluk Indonesia, Yohana Yambise, mengingatkan bawah, “Hari Ibu adalah sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.”

Dalam memperingati hari ibu ini, berbagai kegiatan memang telah dipersiapkan untuk memperingati dan merayakan juga memeriahkan PHI ini. KPPPA juga menghadirkan seminar, pameran, bakti sosial, fun walk, ziarah, upacara bendera dan kegiatan Iainnya yang dilaksanakan baik di tingkat nasional maupun di setiap Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Pada Kesempatan ini pula Keluarga Besar Group Anak Siantar (KB-GAS) mengucapkan Selamat Hari Ibu Nasional 2016.

Kumpulan Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu

Kumpulan Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu
Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu

Kumpulan Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu
Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu

Kumpulan Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu
Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu

Kumpulan Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu
Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu

Kumpulan Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu
Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu

Kumpulan Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu
Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu

Kumpulan Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu
Quotes Untuk Ucapan Di Hari Ibu


Editor: Tim WartaGAS
Sumber: Wikipedia Indonesia, pikiran-rakyat, waktuku
loading...

No comments

Powered by Blogger.