Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Akhir Tahun Ini Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Sudah Bisa Dilintasi

WARTAGAS.COM - Pembangunan Jaringan Tol Trans Sumatera Ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi terus dikebut mengingat jadwal pengoperasiannya tahun ini.

Akhir Tahun Ini Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Sudah Bisa Dilintasi
Akhir Tahun Ini Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Sudah Bisa Dilintasi - Foto: Kompas.com

Hingga saat ini, proses pembebasan lahannya telah mendekati rampung yang ditandai dengan perkembangan konstruksi yang sudah lebih dari separuhnya.

"Progres pemebasan tanah saat ini sudah sebesar 86 persen, sementara progres fisiknya memasuki 51 persen dan rencana operasi tetap pada akhir tahun 2017," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto, kepada Kompas.com, Rabu (18/1/2017).

Ruas tol ini terdiri dari lima seksi dengan seksi I dibangun pemerintah sedangkan empat lainnya menjadi tanggung jawab Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Kualanamu Toll.

Adapun total investasi yang dibutuhkan untuk membangun ruas tol ini adalah Rp 4,072 triliun dengan biaya tanah Rp 441 miliar dan biaya konstruksi sebesar Rp 1,759 triliun.

Selain ruas tersebut, beberapa ruas lainnya di Trans Sumatera seperti Medan-Binjai sepanjang 10,46 kilometer, Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 13,93 kilometer, dan Palembang-Simpang Indralaya sepanjang 17,03 kilometer siap dioperasikan tahun ini.***

Ini Ruas Tol Trans Sumatera yang Beroperasi 2017

Berdasarkan penugasan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 Tahun 2014, PT Hutama Karya (Persero) ditunjuk untuk membangun 4 ruas Tol Trans Sumatera.

Ini Ruas Tol Trans Sumatera yang Beroperasi 2017
Proyek Jalan Tol Terbanggi Besar-Bakauheni, Lampung. Gambar diambil Jumat (6/11/2015). - Foto: Kompas.com

Karena masuk proyek prioritas, 4 ruas tol ini direncanakan dapat beroperasi pada 2019. Meski demikian, ada beberapa seksi dari ruas-ruas tersebut yang bisa dibuka mulai tahun depan.

Berikut ulasannya.

1. Bakauheni-Terbanggi Besar

Pada ruas ini, seksi yang ditargetkan beroperasi 2017 adalah mulai dari Pelabuhan-Interchange (IC) Bakauheni.

Tanahnya ditargetkan bisa bebas akhir tahun ini. Sementara konstruksinya ditargetkan selesai Maret 2017 dan beroperasi Juli 2017.

Seksi selanjutnya adalah Interchange Bakauheni-Interchange Kalianda. Dengan target tanah dan konstruksinya bebas Desember tahun ini, operasinya ditargetkan pada April 2017.

Kemudian, IC Kalianda-IC Sidomulyo juga ditargetkan beroperasi 2017, yakni pada Agustus. Target pembebasan tanahnya adalah Desember tahun ini.

Jika target tersebut tercapai, konstruksinya diharapkan rampung pada Juni 2017.

Seksi lain yang juga ditargetkan beroperasi pada 2017 dalam ruas Bakauheni-Terbanggi Besar adalah IC Lematang-IC Kotabaru.

Saat ini tanahnya sudah bebas 100 persen. Sementara untuk konstruksi diharapkan bisa selesai akhir tahun ini dan beroperasi Maret 2017.

Masih di dalam ruas ini, seksi IC Metro-IC Gunung Sugih ditargetkan beroperasi Juni 2017, dengan rencana konstruksinya selesai pada Maret 2017.

Terakhir, seksi yang diharapkan beroperasi tahun depan adalah IC Branti-IC Metro dengan target konstruksi pada Maret 2017. Sementara operasionalnya direncanakan bisa berlangsung mulai Juni 2017.

2. Medan-Binjai

Ruas ini hanya dibagi menjadi 3 seksi, yaitu Tanjung Mulia-Helvetia, Helvetia-Semayang, dan Semayang-Binjai. Seluruhnya ditargetkan beroperasi tahun depan.

Seksi 1 dengan panjang 6,27 kilometer, Tanjung Mulia-Helvetia diharapkan bisa beroperasi pada Desember 2017.

Untuk pembebasan tanahnya ditargetkan akhir tahun ini, sementara konstruksinya diharapkan selesai pada Oktober tahun depan.

Seksi 2 dengan panjang 6,175 kilometer, Helvetia-Semayang ditargetkan beroperasi pada Februari tahun depan. Sebelum itu, Hutama Karya mengerjakan konstruksi yang direncanakan selesai pada Desember tahun ini.

Dengan panjang 4,275 kilometer, Seksi 3 yakni Semayang-Binjai diharapkan beroperasi pada 2017. Sama dengan seksi 2, konstruksinya ditargetkan bisa selesai akhir tahun ini.

3. Palembang-Simpang Indralaya

Seperti Medan-Binjai, ruas ini juga terdiri dari 3 seksi dengan total panjang . Ruas ini pun diharapkan bisa mulai beroperasi tahun depan.

Pada seksi 1, Palembang-Pamulutan ditargetkan bisa beroperasi pada Februari 2017. Akhir tahun ini, konstruksi jalan tersebut direncanakan sudah bisa rampung.

Seksi 2, rencananya Pemulutan-KTM dioperasikan pada Agustus 2017. Sebelumnya, konstruksi dirampungkan pada Juni 2017.

Sedangkan pada seksi 3, KTM-Indralaya dalam proses konstruksi sampai Juni 2017. Jika tercapai, operasional seksi ini bisa dilangsukan pada Agustus 2017. ***


Laporan: Tim WartaGAS
Sumber: Kompas.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.