Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Anggota Koramil 04 / Kuala Dampingi Petani Lakukan Perawatan dan Pemupukan Tanaman Padi

WARTAGAS.COM - Salah satu komponen terpenting dalam bidang pertanian adalah pupuk. Fungsinya sebagai pemenuhan kebutuhan akan zat hara yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Pupuk memegang peranan penting.


Anggota Koramil 04 Kuala Dampingi Petani Lakukan Perawatan dan Pemupukan Tanaman Padi
Anggota Koramil 04 Kuala Serda T. Purba Dampingi Petani Lakukan Perawatan dan Pemupukan Tanaman Padi di Desa Dalan Naman Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat, Selasa (31/01/2017).


Hal tersebut disampaikan anggota Koramil 04/Kuala Serda T. Purba pada saat membantu pembuatan pupuk organik bersama anggota Kelompok Tani Buah Page atas nama Heri yang diketuai oleh Raja Minta Ginting petani Desa Dalan Naman Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat, Selasa (31/01/2017). Kegiatan Babinsa tersebut dalam rangka mensukseskan program upsus swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.


Pada kesempatan tersebut Danramil 04/Kuala Kapten Inf Himsar Siahaan menerangkan serta mengungkapkan proses pembuatan pupuk organik tersebut dengan menggunakan tanah bekas kotoran sapi dicampur dengan sekam padi dicampur dengan EM4 (mikroorganisme dekomposer). Pembuatan Pupuk Organik dengan bantuan bakteri EM4 ini dibuat melalui proses fermentasi menggunakan bakteri (microorganisme). Sampah organik dengan proses EM dapat menjadi pupuk organik yang bermanfaat meningkatkan kualitas tanah.


Dengan membuat pupuk alami sendiri, petani bisa menekan biaya dalam usaha pertanian. "Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan serta manfaat pupuk organik juga tidak kalah dibanding dengan pupuk kimia," kata Danramil 04/Kuala Kapten Inf Himsar Siahaan menambahkan.


Babinsa juga memberikan pengawasan dan pengecekan terhadap persediaan pupuk yang ada pada kelompok tani, ini merupakan bentuk pendampingan terhadap petani yang ada diwilayah binaanya.





TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.