Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Babinsa Dampingi Anggota Kelompok Tani "ALS" Memantau Perkembangan Tanaman Padi

WARTAGAS.COM - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Air Putih Serka Surianto, PPL, Dinas UPT Pertanian dan kelompok tani ALS melaksanakan pengecekan sekaligus memantau perkembangan tanaman padi jenis Ciherang milik Hermanto anggota kelompok tani ALS yang diketuai oleh Sutrisno yang terletak di Dusun 4 Desa Sipare-pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Selasa (24/01/2017).

Babinsa Dampingi Anggota Kelompok Tani "ALS" Memantau Perkembangan Tanaman Padi
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Air Putih Serka Surianto, PPL, Dinas UPT Pertanian dan kelompok tani ALS melaksanakan pengecekan sekaligus memantau perkembangan tanaman padi jenis Ciherang milik Hermanto anggota kelompok tani ALS yang diketuai oleh Sutrisno yang terletak di Dusun 4 Desa Sipare-pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Selasa (24/01/2017)

Sasaran pemantauan meliputi kondisi tanaman, kondisi jaringan irigasi dan luas oncoran, pemantauan juga dilaksanakan meliputi pendeteksian terhadap kemungkinan munculnya hama tanaman serta perkembangan tanaman selama pelaksanaan perawatan mulai pemupukan dan penyiangan. Lahan seluas 300 ubin dengan usia tanaman 45 hari ini dikelola oleh kelompok tani dengan pendampingan Babinsa dan PPL Kecamatan Air Putih.

Dalam kesempatan tersebut, Serka Surianto, mengatakan, “ini upaya khusus Babinsa bersama PPL dalam rangka mensukseskan program pemerintah, bahwa seluruh Babinsa akan membantu petani agar program swasembada pangan ini dapat terwujud pada tahun 2017. Dukungan dari jajaran TNI ini telah diwujudkan sejak persiapan pertanaman sampai pengawalan benih dan pupuk. Pelatihan singkat diberikan kepada para Babinsa oleh para pakar yaitu penyuluh, para peneliti dari Dinas Pertanian dan Balitbangtan untuk memudahkan operasionalisasi mereka di lapangan.” katanya.

Beberapa materi pelatihan yang diberikan kepada para Babinsa Kodim 0208/Asahan, yakni berupa optimalisasi lahan, peningkatan penggunaan benih bermutu, penerapan teknologi pemupukan yang tepat, pengamanan produksi dari OPT, serta mengoptimalkan pupulasi tanam melalui teknologi “Jajar Legowo” pada tanaman padi.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.