Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

JAKARTA MANORTOR, AGUS YUDHOYONO Diberi Marga SIREGAR

WARTAGAS.COM - Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono bersama istrinya Annisa Pohan menghadiri acara Jakarta Manortor Persaudaraan Pohan dan Anak-Borunya (Parpoda) se-Jabodetabek. Acara ini diadakan Parpoda se-Jabodetabek sebagai bentuk dukungan terhadap Agus dan pasangannya di Pilgub DKI, Sylviana Murni.

JAKARTA MANORTOR, AGUS YUDHOYONO Diberi Marga SIREGAR
JAKARTA MANORTOR, AGUS YUDHOYONO Diberi Marga SIREGAR
“Acara Jakarta Manortor merupakan bagian upaya Parpoda untuk lebih mengenalkan Agus Harimurti Yudhoyono dan Ibu Sylviana Murni kepada seluruh lapisan warga Sumatra Utara yang bermukim di Jakarta,” ujar Ketua Panitia sekaligus Ketua Umum Parpoda Hazairin Pohan di lokasi acara, Balai Kartini, Jakarta Selatan, Minggu (15/1/2017).

Ayah Agus, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut hadir. Sylviana juga datang menyusul sekitar satu setengah jam setelah acara dimulai.

“Acara budaya Jakarta Manortor mengundang lebih dari 1.000 tamu, yang terdiri dari Hatobangon (Pengetua adat Tapanuli Selatan), semua unsur-unsur tokoh dan masyarakat dari Tapanuli Bagian Selatan dan masyarakat berbagai etnis lainnya yang berasal dari Sumatra Utara yang menetap di Jakarta,” jelas Hazairin.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia ini mengatakan kedudukan SBY dan istrinya di Tapanuli Bagian Selatan adalah sebagai Anak Boru yang merupakan unsur penting dalam masyarakat adat. Kedudukan tersebut didapat SBY dan Ani karena putra sulung mereka, Agus menikahi Annisa yang bermarga Pohan.

“Annisa Larasati Pohan dalam adat Tabagsel (Tapanuli Bagian Selatan) menjadi Parumaen dari keluarga besar Bapak Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono, yang dipanggil Annisa sebagai Amangboru dan Namboru,” terang Hazairin.

Hazairin juga mengungkapkan keluarga Tapanuli Bagian Selatan memberi marga Siregar kepada Agus. Sesi puncak dari acara ini adalah orang-orang yang dituakan dalam Parpoda memberi ulos (kain khas suku Batak) kepada Agus dan Sylviana sebagai tanda doa restu mereka. Ritual tersebut disebut Mangulosi.

“Mangulosi dalam adat Tabagsel adalah pemberian doa restu untuk menyemangati perjuangan Bapak Agus Harimurti Yudhoyono dan Ibu Sylviana Murni sebagai satu-satunya pasangan calon (Paslon) yang memiliki ikatan kekeluargaan dengan masyarakat di Sumatera Utara,” tutur dia.

“Mangulosi juga bermakna doa yang dimohonkan kepada Allah untuk memberikan berkah bagi keduanya pada Pilkada yang akan diselenggarakan pada bulan Februari 2017,” ucap Hazairin.

Sepanjang acara, terdengar lantunan musik tradisional Margondang yang menambah kekhusyukan acara manortor ini. (mtd/min/detik)


Laporan: Tim WartaGAS
Sumber: medantoday.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.