Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Jelang Panen Padi Tiba, Anggota Babinsa Dampingi Petani Mengusir Hama Burung

WARTAGAS.COM - Babinsa Koramil 16/Binjai Utara Serda Ramli bersama-sama dengan PPL Binsar melaksanakan pendampingan melakukan pengendalian hama burung di sawah anggota Kelompok Tani Budi Daya milik Rusdianto yang diketuai oleh Darman dengan luas lahan 15 rante yang terletak di Desa Sendang Rejo Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat, adapun kegiatan ini terlaksana dalam rangka pengendalian hama Burung, Selasa (31/01/2017).


Jelang Panen Padi Tiba, Anggota Babinsa Dampingi Petani Mengusir Hama Burung
Jelang Panen Padi Tiba, Anggota Babinsa Dampingi Petani Mengusir Hama Burung di Desa Sendang Rejo Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat, Selasa (31/01/2017).


Dalam hal ini Danramil 16/Binjai Utara Lettu Inf ST. Manihuruk mengungkapkan kegiatan ini menjawab keluhan sejumlah petani di Kelurahan Binjai Utara bahwa hama burung pipit (siseret) dan sejenisnya menyerang bulir tanaman padi. Berbagai jenis hama burung ini merusak, menghisap, dan memakan biji bulir padi yang baru keluar yang nantinya akan menjadi gabah.


Bapak Rusdianto pemilik sawah mengungkapkan, hama burung pipit dan sejenisnya itu menyerang ketika tanaman padi mulai mengeluarkan bulirnya dan menunjukkan munculnya biji gabah.


Di sela-sela kegiatan tersebut Serda Ramli menyampaikan, biasanya hama burung ini berdatangan dari hutan pada pagi dan sore hari. Saat ini, petani harus intens melakukan pekerjaan mengusir hama burung. Hal ini dilakukan hingga memasuki masa panen.


“Kalau tidak dijaga, tanaman akan rusak dan biji padi akan habis dihisap, sehingga tidak bisa lagi dipanen,” ucapnya.


Serda Ramli juga menambahkan, akibat hama burung ini, petani terpaksa membuat orang-orangan yang terbuat dari kain menyerupai manusia dan hotor-hotor (suatu benda bunyian terbuat dari kaleng dengan menggunakan tali) di areal persawahan untuk menakut-nakuti burung agar menjauh dari tanaman.


“Itupun tanaman harus tetap dijaga setiap hari, tidak bisa hanya mengandalkan orang-orang dan hotor-hotor. Sebab, hama burung ini susah diusir, jadi harus dijaga ketat setiap harinya, kalau tidak bisa habis biji tanaman dimakan,” pungkasnya.





TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.