Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Penanaman Padi Gogo di Wilayah Kodim 0207/ Simalungun Tetap Berkelanjutan

WARTAGAS.COM - Penurunan produksi bahan pangan nasional yang dirasakan saat ini lebih disebabkan oleh semakin sempitnya luas lahan pertanian yang produktif (Khususnya Wilayah Kodim 0207/Simalungun) sebagai akibat alih fungsi seperti konversi lahan sawah, ditambah isu global tentang meningkatnya degradasi lahan. Salah satu alternatif pilihan yang diharapkan dapat meningkatkan potensi produksi tanaman dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan adalah pendayagunaan lahan kering. Selain karena memang tersedia cukup luas, sebagian dari lahan kering belum diusahakan secara optimal sehingga memungkinkan peluang dalam pengembangannya, Jumat (27/01/2017).


Penanaman Padi Gogo di Wilayah Kodim 0207/ Simalungun Tetap Berkelanjutan
Penanaman Padi Gogo di Wilayah Kodim 0207/ Simalungun Tetap Berkelanjutan


Pasiter Kodim 0207/Simalungun Kapten Inf Margana mengungkapkan secara umum sistem pertanian di Indonesia, khususnya yang menyangkut budidaya pertaniantanaman pangan dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian yaitu pertanian lahan basah sawah dan pertanian lahan kering. Seperti diketahui, pembangunan pertanian di Indonesia selama initerfokus pada peningkatan produksi pangan, terutama beras, sehingga sebagian besar dana dan daya telah dialokasikan untuk program program seperti intensifikasi, "aringan" aringan pengairan dan pencetakan sawah. Sebaliknya, ciri usahatani bukan sawah ternyata telah menyebabkan kurang diprioritaskannya pertanian lahan kering di dalam proses peningkatan produksi pangan.


Namun dengan semakin meningkatnya alih fungsi lahan,Kodim 0207/Simalungun melakukan penanaman Padi Gogo di lahan yang begitu luas, diperkirakan sekitar 500 Hektare yang terletak di Nagori Dolok Mariah Kecamatan Dolok Silau Kabupaten Simalungun. Yang saat ini penanaman padi gogo sudah mencapai 113 Hektare, dengan jumlah personel pada pelaksanaan penanaman 69 orang personel Kodim 0207/Simalungun. Ungkap Kapten Inf Margana.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.