Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Sertu Muhendra: "Swasembada Pangan adalah Program yang Digalakkan oleh Pemerintah RI"

WARTAGAS.COM - Gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen. Gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya. Di samping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan kita dapatkan termasuk kerugian akibat peledakan hama dan penyakit.


Sertu Muhendra: "Swasembada Pangan adalah Program yang Digalakkan oleh Pemerintah RI"
Sertu Muhendra Mendampingi Petani di Nagori Pardomuan Nauli Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. Jumat (27/01/2017)


Pada kegiatan penyiangan tanaman padi serta pembersihan rumput dilahan tanaman padi dengan luas 1 hektare ini dilaksanakan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Pematang Bandar Sertu Muhendra anggota jajaran Kodim 0207/Simalungun bersama sama dengan anggota kelompok tani Nauli Makmur yang diketua oleh Jonson Sidamanik dilahan Mangatar Sinaga yang terletak di Nagori Pardomuan Nauli Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. Jumat (27/01/2017).


Disela-sela kegiatan tersebut Sertu Muhendra mengatakan "swasembada pangan adalah suatu program yang digalakkan oleh pemerintah RI dan salah satu komoditi yang sangat di unggulkan pada program ini adalah padi, jagung dan kedelai. Dengan adanya pendampingan para Babinsa turun ke sawah untuk pendampingan petani, maka diharapkan tanaman padi akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petani pun akan melimpah. Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan PPL, karena dengan adanya pendamping petani maka segala kendala yang di hadapi petani di lapangan akan terpecahkan", jelasnya.



TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.