Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Anggota Babinsa Koramil 09/Hinai Lakukan Penyiangan Bersama Petani di Desa Paya Rengas

WARTAGAS.COM - Kapten Inf Dwi Suwarno mengutarakan, Dalam budidaya tanaman baik dilahan darat maupun dilahan sawah seringkali tumbuh tanaman liar yang tumbuh dengan sendirinya alias tanaman liar. Kehadiran tanaman/tumbuhan liar pada tanaman budidaya dapat menyebabkan terjadinya persaingan, baik persaingan dalam mendapatkan nutrisi didalam tanah maupun dalam mendapatkan sinar matahari.

Anggota Babinsa Koramil 09/Hinai Lakukan Penyiangan Bersama Petani di Desa Paya Rengas
Anggota Babinsa Koramil 09 Hinai Lakukan Penyiangan Bersama Petani di Desa Paya Rengas Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, Jumat (24/02/2017).

Tanaman / tumbuhan liar tersebut tentu saja kehadirannya tidak diinginkan karena dapat mengganggu tanaman budidaya. Tumbuhan pengganggu tanaman budidaya biasanya berupa bermacam-macam jenis rumput dan tanaman lain selain tanaman utama yang disebut sebagai GULMA.

Dengan demikian, DEFINISI GULMA adalah semua jenis tumbuhan atau tanaman yang tumbuh secara liar pada tanaman budidaya (tanaman utama) yang keberadaannya tidak diinginkan karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan dapat menyebabkan penurunan hasil dari tanaman yang dibudidayakan (tanaman utama), ungkap Danramil 09/Hinai.

Pada kesempatan itu Babinsa Koramil 09/Hinai Serma Sumarlin mengungkapkan rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri, dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat.

"Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari", kata Serma Sumarlin Babinsa Desa Paya Rengas Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat pada saat melaksanakan penyiangan rumput dilahan anggota kelompok tani "Ingin Giat" Kantiono bersama sama dengan PPL Lismaynti dilahan seluas 6 rante. Jumat (24/02/2017).



TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.