Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Babinsa Mendukung Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

WARTAGAS.COM - Kodim 0209/Labuhan Batu melalui Koramil 06/Merbau Pelda Lazim dan Serma Kumpul Ritonga melaksanakan pendataan warga yang belum memiliki jamban. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan pembangunan jamban. Pembuatan jamban untuk warga tersebut merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat di luar rumah warga Dusun 3 Desa Aek Tapa Kecamatan Merbau Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kamis (2/2).


Babinsa Mendukung Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat
Babinsa Mendukung Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di luar rumah warga Dusun 3 Desa Aek Tapa Kecamatan Merbau Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kamis (2/2).


Program ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygienes sanitation) berbasis masyarakat. Serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan. Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban.


Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil Koramil 06/Merbau Pelda Lazim, bersama dengan warga masyarakat Desa Aek Tapa, Babinsa memimpin pelaksanaan pembuatan jamban di Kecamatan Merbau salah satunya di Desa Aek Tapa sejumlah 3 unit per Desa dan didampingi perangkat Desa termasuk Kepala Desa setempat, Kamis (02/02/2017).


Kegiatan pembuatan dimulai dengan penggalian lubang septic tank, menanggapi program sejuta jamban yang dicanangkan pemerintah, warga masyarakat setempat merespon dengan ucapan terimakasih dan menyambutnya dengan antusias untuk membantu menyukseskan program tersebut. Sebab, sebelumnya warga setempat terbiasa BAB di sungai.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.