Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Berkat Pendampingan Pemerhati Pemulung, Toguan Siregar Penyandang Cacat Kini Punya Identitas Resmi

WARTAGAS.COM - Akhirnya Toguan Siregar Sang penyandang Cacat/disabilitas Resmi mendapat Identitas kependudukan KARTU KELUARGA yang dikeluarkan oleh Pemda Kabupaten Deliserdang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DukCapil).

Berkat Pendampingan Pemerhati Pemulung, Toguan Siregar Penyandang Cacat  Kini Punya Identitas Resmi
Uba Pasaribu (No 2 berdiri dari kiri) bersama keluarga Toguan Siregar dan keluarga, foto bersama dengan Kadis Dukcapil Kab. Deliserang, SUmatera Utara.

Cerita ini berawal dari Pasca penangkapan dan penahanan Barang jualan RISWAN Ependi Siregar (RES). RES ini merupakan putra Toguan Siregar (Penyandang Cacat) yang mau menjadi sebagai tulang punggung keluarga. RES terpaksa turun ke jalan usai pulang sekolah berjualan kerupuk jange. Selang beberapa waktu terjadi razia Pemulung dan Penjual, selanjutnya di tangkap Tim URC DINAS SOSIAL KOTA MEDAN ,

Uba Pasaribu dan Tim Komunitas Peduli Pemulung terjun kelapangan dan mengadvokasi kel Toguan Siregar yg sudah berdomisili di Muliorejo selama 3 tahun.

Mendengar anaknya RES ditahan bapak yang menyandang cacat ini pun sedih. Pasca penahanan dan penangkapan RES membuat dia trauma dan ketakutan. Meskipun demikian, aktivitas jualan kembali dilakoninya. RES memikirkan kedua orang tuanya adalah penyandang masalah sosial.

Kesenjangan Dan Ketimpangan Ekonomi yg di alami keluarga ini terpaksa mereka turun ke jalanan mencari seseuap nasi.

Kartu Keluarga Palsu
Selama 7 tahun lebih tinggal dan berdomisilli di Jalan Pinang Baris Medan. ternyata, Toguan Siregar hanya memegang Kartu keluarga Palus. Sebagai kepala keluarga, Toguan Siregar tidak tahu kalo selama ini Kartu Keluarga yang dipegang ada alah Palsu.

Hal ini ketahuan setelah Uba Pasaribu dan Tim Komunitas Peduli Pemulung bertanya kepada Toguan Siregar apakah memiliki KK dan dilakukan pengecekan, dan ternyata KK tsb palsu.

Sungguh tega benar oknum pemalsu KK itu mau membohongi Toguan Siregar, padahal pemulung ini dalam keadaan cacat.

Pemberian Kartu Keluarga Resmi dari DInas Dukcapil
Tim Komunitas Peduli Pemulung akhirnya melakukan Audiensi dengan Pihak Pemerintah Kabupaten Deliserdang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deliserdang.

Akhirnya, Pihak Dinas Dukcapil mengeluarkan Kartu keluarga yang resmi kepada Keluarga Toguan SIregar. Bukan rahasia umum lagi, bahwa maraknya Pungli dan penipuan bila mengurus surat-surat kependudukan. Pada kasus ini, Pihak Dinas DukCapil langsung mengeluarkan KK yang baru dan resmi tanpa meminta pungutan apapun.

Ucapan Terimakasih
Pada kesempatan ini, Tim Komunitas Peduli Pemulung beserta Keluarga Toguan Siregar mengucapkan Terimakasih kepada Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Deliserdang, Bapak Apoan Simanungkalit, Kepala Desa Muliorejo, Camat Sunggal juga kepada para Staf yang berkenan memfasiitasi atas penerbitan KK ini.



Tim Komunitas Peduli Pemulung sampai hari ini tidak akan pernah berhenti melakukan Pendampingan dan memberikan bantuan kepada Pemulung, dan Masyarakat Miskin agar diperhatikan dan memdapatkan Bantuan Sosial dari Pemerintah.

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.
Tim Komunitas Peduli Pemulung : Uba Pasaribu
Facebook: https://www.facebook.com/uba.uba.752
Isntagram: Uba Pasaribu



Laporan: Uba
Editor: Ringo Margana
loading...

No comments

Powered by Blogger.