Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Di Desa Sidorejo, Serka Ronaldi Lakukan Penyemprotan Bersama Petani

WARTAGAS.COM - Waktu yang harus dihindari penyemprotan tanaman padi sebaiknya menyemprot pestisida sebelum terjadi serangan hama penyakit, jadi jangan meyemprot nunggu sudah tanaman parah tetapi melakukan peyemprotan sebelum adanya serangan atau baru berupa gejala, begitulah ungkap Danramil 05/Salapian Kapten Inf Rismanto.

Di Desa Sidorejo, Serka Ronaldi Lakukan Penyemprotan Bersama Petani
Bintara Pembina Desa Koramil 05/Salapian Serka Ronaldi Lakukan Penyemprotan Bersama Petani di Desa Sidorejo Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat, Jumat (24/02/2017).

Lanjut Danramil, Penyemprotan Pestisida Pada Tanaman Padi harus tepat waktu. Nah waktu untuk penyemprotan yang harus dihindari diantaranya :

a. Jangan menyemprot terlalu pagi di karnakan masih banyak embun di khawatirkan banyak pestisida yang ikut terjatuh bersamaan jatuhnya embun tersebut,

b. Penyemprotan pestisida jangan terlalu terik atau panas (11.00-14.00 Wib) karena kalau nyemprot pada jam-jam tersebut suhu lagi panas-panasnya, pestisida yang disemprotkan menempel pada daun dan sebentar saja sudah menguap oleh sinar matahari, ya mungkin masih ada yang menempel sih tapi tidak semaksimal karena ada sebagian yang menguap oleh terik sinar matahari tersebut.

c. Jangan menyemprot di saat banyak angin apalagi menyemprotnya melawan arah angin, ini di kahawtirkan pestisida mengenai muka kita dan terhirup dan dapat meracuni diri kita sendiri,

d. Jangan menyemprot di waktu hujan karena jelas hanya akan membuang buang pestisida secara percuma saja, karena banyak pestisida yang terbawa oleh air hujan, ungkapnya.

Dengan maraknya serangan hama di wilayah Sirapit, Bintara Pembina Desa Koramil 05/Salapian Serka Ronaldi jajaran Kodim0203/Langkat bersama sama dengan PPL Mardiana ikut serta mendampingi anggota Kelompok Tani untuk melaksanakan penyemprotan tanaman padi dilahan milik Saudara Poniran Kelompok Tani Oraet Labora yang diketuai Bapak Sutiyo dengan luas lahan 1 Hektare yang terletak di Desa Sidorejo Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat, Jumat (24/02/2017).

Kegiatan ini terlaksana berhubung Informasi mengenai serangan wereng ini didapat dari Babinsa yang bertugas di desa-desa binaannya, kemudian melakukan kordinasi dengan penyuluh pertanian, selanjutnya bersama-sama kelompok tani (koptan) melakukan penyemprotan. Hal ini sebagai bagian dari komitmen TNI, Kodim 0203/Langkat khususnya Koramil 05/Salapian dalam rangka mendukung sukses program swasembada pangan di Tahun 2017 di Kabupaten Langkat.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.