Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Kapten Inf Asnan Rangkuti: "Penentuan Saat Panen Harus Tepat "

WARTAGAS.COM - Kapten Inf Asnan Rangkuti mengungkapkan penanganan pasca panen padi meliputi beberapa tahap kegiatan yaitu; penentuan saat panen, pemanenan, penumpukan sementara di lahan sawah, pengumpulan padi di tempat perontokan, penundaan perontokan, perontokan, pengangkutan gabah ke rumah petani, pengeringan gabah, pengemasan dan penyimpanan gabah, penggilingan, pengemasan dan penyimpanan beras. Penentuan saat panen merupakan tahap awal dari kegiatan penanganan pasca panen padi. Ketidaktepatan dalam penentuan saat panen dapat mengakibatkan kehilangan hasil yang tinggi dan mutu gabah/beras yang rendah. Penentuan saat panen dapat dilakukan berdasarkan pengamatan visual dan pengamatan teoritis.

Serda Miswanto Babinsa Koramil 01/Medang Deras anggota jajaran Kodim 0208/Asahan melaksanakan pendampingan kepada anggota kelompok tani "Surya Jaya" di Desa Pangkalan Dodek Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Senin (06/02/2017).

Pada Kesempatan itu Serda Miswanto Babinsa Koramil 01/Medang Deras anggota jajaran Kodim 0208/Asahan melaksanakan pendampingan kepada anggota kelompok tani "Surya Jaya" Mujikar Hasan melaksanakan panen padi dengan luas lahan 18 rante yang terletak di Desa Pangkalan Dodek Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Senin (06/02/2017).

Menurut Bintara Pembina Desa Serda Miswanto mangatakan upaya mewujudkan swasembada di Sungaibale dengan pendampingan Babinsa pada petani, mulai dari pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan, pengairan sampai dengan panen maka pada sekarang ini dapat menghasilkan padi yang cukup baik walaupun ada kendala disana sini tetapi dengan kesabaran semua dapat diatasi. Setelah panen ini, Serda Miswanto senantiasa mengajak kepada petani supaya segera melaksanakan pengolahan tanah untuk masa tanam berikutnya, sehingga diharapkan tidak terlalu lama sawah dapat ditanami kembali, diharapkan petani juga bisa ikut mensukseskan program swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah, pungkasnya.

Dalam pendampingan itu Ketua kelompok tani Turman Saragih mengungkapkan, "masyarakat sangat senang dengan adanya bantuan dari Prajurit TNI ini, dengan adanya program baru TNI, para Babinsa terjun langsung ke lapangan untuk membantu para petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani sangat membantu serta dapat meningkatkan kesejahteraan para petani", ungkapnya.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.