Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Ketua PokTan "Mandiri" Edi Lumban Raja didampingi Kopda Suwandi Memantau Perkembangan Tanaman Padi

WARTAGAS.COM - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 14/Besitang Kopda Suwandi anggota jajaran Kodim 0203/Langkat bersama sama dengan Ketua Kelopok Tani "Mandiri" Edi Lumban Raja untuk melaksanakan giat pendampingan pemantauan perkembangan tanaman padi jenis mikongga pada usia tanam 50 s.d. 70 hari bersama sama dengan PPL Epi Syahrani yang terletak di Kelurahan Bukit Kubu Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat, Rabu (01/02/2017).


Ketua PokTan "Mandiri" Edi Lumban Raja didampingi Kopda Suwandi Memantau Perkembangan Tanaman Padi di Kel. Bukit Kubu
Ketua PokTan "Mandiri" Edi Lumban Raja didampingi Kopda Suwandi Memantau Perkembangan Tanaman Padi di Kelurahan Bukit Kubu Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat, Rabu (01/02/2017).


Danramil Kapten Inf Aswanto mengungkapkan sasaran pemantauan meliputi kondisi tanaman, kondisi jaringan irigasi dan luas oncoran, pemantauan juga dilaksanakan meliputi pendeteksian terhadap kemungkinan munculnya hama tanaman serta perkembangan tanaman selama pelaksanaan perawatan mulai pemupukan dan penyiangan.


Dalam kesempatan tersebut, Kopda Suwandi, mengatakan, “ini upaya khusus Babinsa dalam rangka mensukseskan program pemerintah, bahwa seluruh Babinsa akan membantu petani agar program swasembada pangan ini dapat terwujud pada tahun 2017 ini. Dukungan dari jajaran TNI ini telah diwujudkan sejak persiapan pertanaman sampai pengawalan benih dan pupuk” katanya.


Dari mulai tanam sampai berisi buah, selalu mendapat perhatian dikarenakan apabila terjadi kendala atau hama yang menyerang maka sedini mungkin bisa di atasi sehingga pertumbuhan padi tidak terhambat yang berdampak pada hasil panen. Kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa semata-mata karena merupakan tugas pokok dan UPSUS pertanian. Peran Babinsa ini sebagai motivator agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya, Upaya Babinsa ini merupakan terobosan baru dalam usaha pendampingan. Sebab itu, Babinsa akan terus mengawal sampai tiba musim panen, sehingga program pemerintah terkait swasembada pangan akan tercapai, meski sampai saat ini target tersebut belum seratus persen selesai.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.