Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Masa Panen Tiba, Babinsa Turut Serta Bantu Petani di Desa Hulu

WARTAGAS.COM - Kodim 0203/Langkat terus mengerahkan segenap babinsa dijajarannya dalam pencapaian Upaya Khusus (Upsus) peningkatan swasembada pangan serta memaksimalkan serapan gabah (Sergap) petani di wilayah Kabupaten Langkat.


Masa Panen Tiba, Babinsa Turut Serta Bantu Petani di Desa Hulu
Serda Sujarwo tersenyum dan bangga bisa membantu petani memanen padi milik salah satu kelompok tani di Desa Hulu Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat, seluas 1 Ha, Kamis (16/02/2017).


Seperti halnya yang dilakukan anggota Babinsa Koramil 10/Padang Tualang Serda Sujarwo melaksanakan pendampingan pertanian kepada salah satu kelompok tani di Desa Hulu Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat melaksanakan panen padi dengan luas sawah yang telah dipanen seluas 1 Ha dengan hasil rata-rata 6,5 ton/hektare, Kamis (16/02/2017).

Danramil 10/Padang Tualang Kapten Inf Nazril Tanjung mengungkapkan Babinsa selalu pro aktif melaksanakan pendampingan kepada petani. Mulai dari pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan, pengairan sampai dengan panen tiba. Karena terbatasnya paralatan pertanian, maka para petani harap memaklumi dan kini pemerintah terus berupaya untuk memberikan berbagai bantuan peralatan pertanian untuk peningkatan hasil panen petani.

Pengerahan para Babinsa di jajaran Kodim 0203/Langkat dalam pendampingan pertanian tidak lain adalah untuk memacu para petani giat dalam menggolah sawah dalam mendukung swasembada pangan terwujud di Kabupaten Langkat. Oleh karenanya peran aktif babinsa dalam memberikan motivasi dan dorongan kepada petani harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

Di tengah bermacam kesibukan melaksanakan tugas pokoknya seorang Babinsa di tuntut mau dan mampu melaksanakan pendampingan kepada petani, tentu hal ini di lakukan dengan cara berkoordinasi dan bersinergi dengan dinas terkait seperti Distan dan PPL di lapangan. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memotivasi Petani sekaligus untuk mencapai target dengan hasil yang lebih meningkat.

Program pendampingan para Babinsa yang terjun langsung kelapangan untuk membantu para petani yaitu dengan cara menggandeng PPl memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani, mengawal subsidi pemerintah baik bibit maupun pupuk agar tepat sasaran sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani, dengan kerja sama dan sinergitas babinsa dengan dinas dinas terkait terbukti dapat meningkatkan hasil petani khususnya padi, jagung dan kedelai (PAJALE).





TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.