Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Pelda Suriadi Bersama Petani Menyiapkan Lahan Sawah di Desa Bangun Sari

WARTAGAS.COM - Upaya Khusus (Upsus) dalam rangka mensukseskan Program Swasembada Pangan Nasional, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Talawi Pelda Suriadi ikut serta turun ke sawah dampingi petani menyiapkan lahan tanam padi dengan menggunakan Handtrcktor di lahan milik anggota kelompok tani "Sari Jaya" Tumijan yang diketuai oleh Sulaiman yang terletak di Dusun 2 Desa Bangun Sari Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara dalam rangka percepatan tanam padi di wilayah Kecamatan Talawi, Senin (06/02/2017).

Pelda Suriadi Bersama Petani Menyiapkan Lahan Sawah di Desa Bangun Sari
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Talawi Pelda Suriadi ikut serta turun ke sawah dampingi petani menyiapkan lahan tanam padi dengan menggunakan Handtrcktor di lahan milik anggota kelompok tani "Sari Jaya" Tumijan yang diketuai oleh Sulaiman yang terletak di Dusun 2 Desa Bangun Sari Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara dalam rangka percepatan tanam padi di wilayah Kecamatan Talawi, Senin (06/02/2017).

Dalam pelaksanaanya, babinsa ikut terjun ke lapangan untuk mendampingi dan membantu petani, dalam pengolahan lahan sawah. Ini supaya nanti dalam penanaman padi dapat bertumbuh dengan baik dan hasil yang maksimal agar program swasembada pangan tahun ini dapat meningkat. Babinsa menghimbau agar petani tetap semangat dalam pengolahan lahan dan perawatannya, karena pemerintah sudah menyiapkan kebutuhan dan keperluan untuk bidang pertanian.

Pada kesempatan itu Pelda Suriadi mengungkapkan dalam penyiapan lahan ini, dilakukan untuk percepatan tanam padi pada Musim Tanam ke tiga di Tahun 2017. Diharapkan para petani yang lain dapat segera mananam padi, mumpung musim hujan masih berlangsung" terangnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan karena lahan yang digarap dengan menggunakan handtraktor akan menjadi subur dan lebih cepat dalam pengerjaannya. Karena dapat mengubah sifat fisik tanah yang awalnya lapisan atas keras menjadi lunak (lumpur). Karena pada lapisan bawah dapat menjadi humus serta menyimpan air. "Selain itu juga, memperoleh hasil yang maksimal serta menghemat tenaga dan waktu" tandasnya.

Sementara itu Bapak Tumijan mengatakan, disamping melakukan penyiapan lahan tanam tersebut sebelumnya perlu penyiapan lahan untuk penebaran benih padi. Sehingga nanti pada saat penyiapan lahan tanam itu rampung, benih padi tersebut sudah sama-sama siap untuk segera ditanam. Itu semua dilakukan dengan harapan agar kami dapat lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik. Sehinggga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen serta ketahanan pangan pun tercapai" pungkasnya.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.