Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Seluas 15 Rante Tanaman Jagung Dipupuk Babinsa Koramil 02 / Selesai

WARTAGAS.COM - Babinsa Koramil 02/Selesai jajaran Kodim 0203/Langkat Sertu Sugito melaksanakan pendampingan pemupukan jagung seluas 15 rante milik Julianto anggota kelompok tani Margana PPL Juliana di Dusun Mawar Desa Padang Brahrang Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat, Kamis (2/2).


Seluas 15 Rante Tanaman Jagung Dipupuk Babinsa Koramil 02 / Selesai
Babinsa Koramil 02/Selesai jajaran Kodim 0203/Langkat Sertu Sugito melaksanakan pendampingan pemupukan jagung seluas 15 rante milik Julianto anggota kelompok tani Margana PPL Juliana di Dusun Mawar Desa Padang Brahrang Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat, Kamis (2/2/2017)


Jagung sebaiknya dipupuk pada masa sebelum tanam, umur 15 HST, dan 30 HST. Pupuk dasar di awal masa pemupukan berfungsi untuk menyiapkan nutrisi bagi tanaman pada fase awal pertumbuhan, ujar Sertu Sugito.


Pemupukan tanaman jagung ini berlangsung selama masa tanam. Babinsa pendamping, Sertu Sugito sangat antusias memotivasi para petani untuk selalu memperhatikan kualitas dan kesehatan tanamannya. ”Saat berkecambah, jagung menggunakan nutrisi dari biji jagung. Setelah beberapa hari nutrisi dari biji akan habis dan akar mulai berfungsi mencari makanan. Disinilah terjadi proses adaptasi terhadap lingkungan yang biasanya diiringi dengan stres tanaman. Semakin lama stres pertumbuhan akan semakin terhambat. Untuk memperpendek fase stres ini, kebutuhan hara harus tercukupi,” pungkasnya.


Dengan rentang umur yang tak jauh berbeda, metode pemupukan yang diberikan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan hasil panen jagung." Kata Sertu Sugito.Dia berpendapat demikian, sebab mayoritas jagung yang dibudidayakan petani ditanam pada saat musim kemarau yang dimana kurang air.Ini membuat suplai nutrisi dari alam kurang mencukupi, sebab hara dari tumbuhan berkurang dan terjadi kurangnya pasokan air.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.