Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Sertu R. Saragih Dampingi anggota Poktan "Gajah Jaya" Merawat Tanaman Jagung Siap Panen di Bandar Pulau

WARTAGAS.COM - Pada kesempatan ini Danramil 15/Bandar Pulau Kpt.Inf. B.Simatupang menerangkan bahwa Jagung adalah salah satu produsen tanaman pangan karbohidrat yang paling penting di dunia, selain gandum dan padi.

Sertu R. Saragih Dampingi anggota Poktan "Gajah Jaya" Merawat Tanaman Jagung Siap Panen di Bandar Pulau
Sertu R. Saragih Dampingi anggota Poktan "Gajah Jaya" Merawat Tanaman Jagung Siap Panen di dusun 2 desa Gajah Sakti Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan, Jumat (03/02/2017).

Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, jagung biji-bijian adalah makanan pokok, seperti untuk sebagian besar penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada saat ini, jagung juga menjadi komponen penting dari pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak dan bahan dasar tepung jagung dimakan. Berbagai produk yang berasal hasil jagung sebagai bahan baku untuk berbagai produk industri. Jika herbisida untuk rumput/gulma di lahan tanpa olah tanah harus menggunakan herbisida sistemik. Herbisida sistemik rumput mematikan/gulma sampai keakarnya. Dosis herbisida bahan aktif per liter air yang tercantum pada label kemasan.

Dosis herbisida yang digunakan tergantung pada ketebalan rumput/gulma, biasanya digunakan dosis 3 liter/ha larutan semprot atau 400-500/ha. Tiga – empat hari setelah aplikasi herbisida dikendalikan re-rumput/gulma yang belum terkena semprotan. Satu minggu setelah aplikasi herbisida diikuti dengan menanam tanam.

Beliau juga mengungkapkan satu minggu setelah penyemprotan rumput / gulma diikuti dengan menanam di mengangkat lebar penanaman tidur 2m (3 baris). Penanaman dilakukan dengan bor 2 biji / lubang. Selanjutnya, lubang tanam langsung ditutup dengan pupuk kandang akan mudah ditembus kecambah tanaman.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Bandar Pulau Kodim 0208/Asahan Sertu R. Saragih melaksanakan Upsus pendampingan terhadap petani untuk perawatan tanaman jagung dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan khususnya wilayah di dusun 2 desa Gajah Sakti Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan milik anggota kelompok tani "Gajah Jaya" Irham yang diketuai oleh Sumitha bersama sama dengan anggota PPL Juliardi, Jumat (03/02/2017).

"Kegiatan yang dilakukan dengan pemeliharaan tanaman jagung milik Bapak Irham adapun jenis jangung yang ditanam yaitu jagung Hibrida Bima 16 yang sudah berumur 90 hari dengan luas lahan 2 hektare kondisi tanaman sudah siap panen. Guna meningkatkan hasil produksi jagung Hibrida Bima 16 para petani harus betul betul ulet dalam melaksanakan pemeliharan tanaman jagung demi meningkatkan kesejahteraan petani” ungkap Sertu R. Saragih.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.