Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Babinsa Koramil 03/Lima Pulu Dampingi Petani Bersihkan Tanaman Padi dari Gulma

WARTAGAS.COM - Dalam budidaya tanaman baik dilahan darat maupun dilahan sawah seringkali tumbuh tanaman liar yang tumbuh dengan sendirinya alias tanaman liar. Seperti yang telah diungkapkan oleh Danramil 03/Lima Pulu Kapten Inf Zulfan, Kehadiran tanaman / tumbuhan liar pada tanaman budidaya dapat menyebabkan terjadinya persaingan, baik persaingan dalam mendapatkan nutrisi didalam tanah maupun dalam mendapatkan sinar matahari. Tanaman / tumbuhan liar tersebut tentu saja kehadirannya tidak diinginkan karena dapat mengganggu tanaman budidaya.


Babinsa Koramil 03/Lima Pulu  Dampingi Petani Bersihkan Tanaman Padi dari Gulma
Babinsa Koramil 03/Lima Pulu Dampingi Petani Bersihkan Gulma, Kamis (23/03/2017).


Tumbuhan pengganggu tanaman budidaya biasanya berupa bermacam-macam jenis rumput dan tanaman lain selain tanaman utama yang disebut sebagai GULMA. Dengan demikian, DEFINISI GULMA adalah semua jenis tumbuhan atau tanaman yang tumbuh secara liar pada tanaman budidaya (tanaman utama) yang keberadaannya tidak diinginkan karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan dapat menyebabkan penurunan hasil dari tanaman yang dibudidayakan (tanaman utama), Kamis (23/03/2017).

Baik dilahan darat maupun dilahan sawah kehadiran gulma selalu menjadi permasalahan utama karena gulma dapat menjadi pesaing tanaman budidaya dalam mendapatkan nutrisi dan cahaya matahari. Gulma yang tumbuh secara liar pada lahan tanaman padi sawah dapat menganggu pertubuhan dan perkembangan tanaman padi serta dapat menyebabkan kehilangan hasil yang tidak sedikit. Kompetisi antara gulma dan tanaman padi sawah dalam mendapatkan nutrisi yang terjadi dari awal tanam, masa pertumbuhan hingga masa pematangan bulir padi sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil dan kualitas gabah, ungkap Kapten Inf Zulfan.





TL?WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.