Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Babinsa Koramil 05/Tanjung Tiram Dampingi Petani Merawat Tanaman Padi di Desa Durian

WARTAGAS.COM - Anggota Babinsa Koramil 05/Tanjung Tiram Serda Sukarno dan Serda S. Siregar anggota jajaran Kodim 0208/Asahan ikut serta mendampingi petani dalam pelaksanaan membersihkan rumput di lahan persawahan padi dengan luas 15 rante dilahan persawahan milik R. Hutapea yang terletak di Desa Durian Kecamatan Sungai Bale Kabupaten Batu Bara dalam rangka pelaksanaan perawatan tanaman padi, Senin (06/03/2017).

Babinsa Koramil 05/Tanjung Tiram Dampingi Petani Merawat Tanaman Padi di Desa Durian
Babinsa Koramil 05/Tanjung Tiram Dampingi Petani Merawat Tanaman Padi di Desa Durian Kecamatan Sungai Bale Kabupaten Batu Bara dalam rangka pelaksanaan perawatan tanaman padi, Senin (06/03/2017).

Pada kesempatan itu Serda Sukarno mengungkapkan gulma adalah sejenis rumput/tanaman liar yang tumbuh pada persawahan, biasanya gulma banyak tumbuh subur pada sela-sela atau di antara tanaman padi. Keberadaan gulma ini menjadi gangguan pada tanaman khususnya tanaman padi, tanaman menjadi tidak dapat menghasilkan secara maksimal, gulma juga salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah, persaingan gulma dengan padi dalam setiap pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen, untuk mengantisipasi semakin berkembangnya gulma pengganggu tersebut Serda Sukarno beserta PPL ikut serta dampingi anggota kelompok tani, pembersihan rumput di lahan sawah ini bertujuan untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar padi.

Di samping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi. Sehingga kalau membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan didapatkan termasuk akibat peledakan hama dan penyakit. Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida, dengan adanya kegiatan itu, tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal, imbuhnya.



TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.