Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Dalam Rangka Perawatan Tanam, Koramil 04/Talawi Dampingi Petani Lakukan Penyiangan

WARTAGAS.COM - Koramil 04/Talawi, Babinsa Serka SP. Saragi melaksanakan pendampingan kepada petani Rabu (29/03/2017) penyiangan rumput di sawah milik JM. Saragi di Dusun 2. Desa Gunung Rante. Kecamatan Talawi. Kabupaten Batu Bara. Dalam rangka perawatan Tanam. Danramil Kapten Inf. Hamlet Marpaung,


Dalam Rangka Perawatan Tanam, Koramil 04/Talawi Dampingi Petani Lakukan Penyiangan
Koramil 04/Talawi, Babinsa Serka SP. Saragi melaksanakan pendampingan kepada petani Rabu (29/03/2017) penyiangan rumput di sawah milik JM. Saragi di Dusun 2. Desa Gunung Rante. Kecamatan Talawi. Kabupaten Batu Bara.


Rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri. Akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat.

“Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari,” kata Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/talawi, Serda sp. saragi saat mendampingi petani di Desa gunung rante, Kecamatan talawi, Kabupaten batu bara.

Sp. saragi juga melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian dalam rangka penyiangan padi. Adapun tanaman padi tersebut sudah umur padi mikongga pada usia tanam 1 bulan dengan luas lahan 20 rante. Tanaman padi yang ditumbuhkan harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal.

Jm saragi, selaku pemilik sawah menuturkan, bangga kepada Babinsa yang membantu para petani. Dia mengatakan, pekerjaan cepat terselesaikan, meski panas menyengat namun semangat Babinsa luar biasa.

“Kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa semata-mata karena merupakan tugas pokok dan upaya khusus pertanian. Peran Babinsa ini sebagai motivator, agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya di sawah,” kata jm. saragi.

Upaya Babinsa ini merupakan terobosan baru dalam usaha pendampingan, pihaknya (Babinsa) akan terus mengawal sampai tiba musim panen, sehingga program pemerintah terkait swasembada pangan akan tercapai, meski sampai saat ini target tersebut belum 100 persen selesai.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.