Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Danramil Kapten Inf. Dwi Suwarno: "Babinsa Harus Dapat Melakukan Tugas Pendampingan kepada Petani"

WARTAGAS.COM - Babinsa Koramil 09/Hinai jajaran Kodim 0203/Lkt Sertu Hermansyah melaksanakan kegiatan menanam padi di lahan milik Suratno, anggota Kelompok tani (poktan) Maju II seluas 7 rante terletak di Dusun III, Desa Suka Damai, Kacamatan Hinai, Kabupaten Langkat, dengan jenis tanaman padi mikongga dalam rangka pertanahan pangan (Hanpang). Selasa (14/03/2017).


Danramil Kapten Inf Dwi Suwarno: "Babinsa Harus Dapat Melakukan Tugas Pendampingan kepada Petani"
Babinsa Koramil 09/Hinai jajaran Kodim 0203/Lkt Sertu Hermansyah melaksanakan kegiatan menanam padi di lahan milik Suratno, anggota Kelompok tani (poktan) Maju II seluas 7 rante terletak di Dusun III, Desa Suka Damai, Kacamatan Hinai, Kabupaten Langkat, dengan jenis tanaman padi mikongga dalam rangka pertanahan pangan (Hanpang). Selasa (14/03/2017).


Danramil Kapten Inf. Dwi Suwarno mengatakan petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait, pola tanam dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen,‎ sehingga pada program ketahanan pangan di Kabupaten Langkat khususnya Kecamatan Hinai.

"Babinsa harus dapat melakukan tugas pendampingan kepada petani sehingga program swasembada pangan dan Ketahan Pangan yang sudah di canangkan oleh pemerintah dapat segera terealisasi," tuturnya.

Meski hingga saat ini tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola "jajar legowo", tapi pemerintah terus mensosialisasikan pola tanam seperti itu.

Karena, berdasarkan teori ahli, sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya.

"Anggota Babinsa bersama UPT Pertanian dan PPL berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di Kabupaten Sumenep," tegasnya.‎

Sementara Suratno salah seorang petani yang lahannya dijadikan lokasi pendampingan menyampaikan terima kasih adanya peran serta Babinsa dalam pendampingan menanam padi. Sehingga dengan adanya keterlibatan TNI melalui Babinsa tentunya dapat memberikan motivasi tersendiri bagi para petani.

“Dalam pendampingan, Babinsa harus melaksanakannya secara kontinyu dan berkesinambungan. Sehingga kehadirannya, betul-betul diharapkan, dan dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan,” pungkas Juremi ketua poktan.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.