Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Jelang Masa Tanam, Kopda Ahmad Dampingi Anggota Poktan "Mekar Jaya" Pengolahan Lahan

WARTAGAS.COM - Pada pengolahan tanah sawah dalam usaha budidaya padi bertujuan untuk menciptakan keadaan tanah olah yang siap tanam baik secara fisis, kimia, maupun biologis sehingga tanaman yang dibudidayakan akan tumbuh dengan baik. Agar memberikan hasil maksimal, lahan sawah harus diolah secara baik.


Jelang Masa Tanam, Kopda Ahmad Dampingi Anggota Poktan "Mekar Jaya" Pengolahan Lahan
Jelang Masa Tanam, Kopda Ahmad Babinsa Koramil 10/Sei Rampah Dampingi Anggota Poktan "Mekar Jaya" Pengolahan Lahan,yang terletak di Desa Sei Buluh Dusun 2 Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (09/03/2017).


Pengolahan lahan yang baik sebelum padi ditanami adalah salah satu kunci utama dari keberhasilan panen. Pengolahan lahan untuk tanaman padi sangat penting untuk diperhatikan. Karena lahan sawah merupakan tempat mengambil cadangan hara yang dibutuhkan tanaman padi. Oleh karena itu, pertumbuhan tanaman padi di antaranya akan dipengaruhi oleh sejauh mana proses pengolahan yang dilakukan sebelum ditanami, Kamis (09/03/2017).

Danramil 10/Sei Rampah Kapten Inf Sukari mengungkapkan pengolahan menggunakan traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

Kopda Ahmad Babinsa Koramil 10/Sei Rampah mengungkapkan pada pengolahan tanah sawah dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Galengan (pematang) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman yang terletak di Desa Sei Buluh Dusun 2 Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai dilahan milik anggota Kelompok Tani "Mekar Jaya" Asnan bersama sama dengan PPL, Suharto.

Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional, ungkapnya.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.