Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Jelang Musim Panen, Babinsa ini Dampingi Petani Membuat Orang-Orangan, Untuk Menghalau Hama Burung

WARTAGAS.COM - Babinsa Koramil 17/Binjai Timur jajaran Kodim 0203/Lkt Serma Eri Hermawan melaksanakan kegiatan membantu menghalau hama burung padi yang lagi menguning di lahan milik Siswadi, anggota kelompok tani (poktan) Lentera, seluas 20 rante terletak di Jln. Saman Hudi Lingkungan III Pasar V,  Kelurahan Bhakti Karya, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, dengan jenis tanaman padi ciherang pada usia tanam 2 bulan 3 minggu.


Jelang Musim Panen, Babinsa ini Dampingi Petani Membuat Orang-Orangan, Untuk Menghalau Hama Burung
Babinsa Koramil 17/Binjai Timur jajaran Kodim 0203/Lkt Serma Eri Hermawan melaksanakan kegiatan membantu menghalau hama burung padi yang lagi menguning di lahan milik Siswadi, anggota kelompok tani (poktan) Lentera, seluas 20 rante terletak di Jln. Saman Hudi Lingkungan III Pasar V, Kelurahan Bhakti Karya, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Selasa (14/03/2017).


Hal ini disadari sepenuhnya oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 17/Binjai Timur. Babinsa turun ke sawah mendampingi para petani mengendalikan hama burung pipit yang menyerang padi di lahan persawahan. Selasa (14/03/2017).

Babinsa membantu petani membuat alat untuk mengusir burung. Serma Eri Hermawan mengatakan hama burung pipit ini bisa dihalau dengan banyak cara selain dengan teriak dan peralatan sederhana seperti orang-orangan sawah.

Serma Eri Hermawan mengakui, "Sebenarnya banyak metode yang digunakan untuk mengusir hama burung ini. Dengan teriak dan membuat orang-orangan sawah, itu bisa. Namun akan lebih baik jika petani membuat alat sederhana yang bisa digerakkan dan alat itu yang mengeluarkan suara," ungkapnya.

Saat mendampingi petani, Serma Eri Hermawan mengajak petani membuatan alat tersebut dari bahan-bahan di sekitar rumah yang tak terpakai seperti benang untuk membunyikan kaleng pada umbul-umbul, hingga memasang plastik kresek.

"Hal tersebut sebagai upaya agar hasil padi tidak diganggu oleh burung, sehingga hasil panen yang diperoleh maksimal dengan tidak terganggu hama," pungkasnya.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.