Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Jokowi: Selamat Jalan, Kiai Hasyim...

WARTAGAS.COM - Presiden Joko Widodo mengaku merasa kehilangan atas wafatnya KH Hasyim Muzadi.

Jokowi: Selamat Jalan, Kiai Hasyim...
Foto: Facebook Presiden Joko Widodo

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu meninggal dunia di kediamannya di Pondok Pesantren Al Hikam di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (16/3/2017) pagi.

"Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, Kiai Haji Ahmad Hasyim Muzadi di kediamannya di Malang, pagi tadi," kata Jokowi dalam akun Facebooknya.

Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, Kiai Haji Ahmad Hasyim Muzadi di kediamannya di...

Dikirim oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Maret 2017

Presiden mengatakan, bangsa Indonesia kehilangan salah satu ulama, guru, penjaga terdepan kebhinekaan. Seorang tokoh yang sebagian hidupnya didedikasikan untuk agama dan bangsanya.

"Sungguh, saya sangat kehilangan. Semoga almarhum Kiai Hasyim Muzadi beroleh tempat nan lapang di sisiNya, dan keluarga yang ditinggalkan tetap tegar dan tabah. Selamat jalan, Kiai Hasyim...," kata Presiden.

Sebelumnya, pada Rabu (15/3/2017) pagi menjelang siang, Presiden dan ibu negara, Iriana Joko Widodo, sempat menjenguk Hasyim yang dirawat di kediamannya di Ponpes Al Hikam di Jalan Cengger Ayam, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Putra sulung KH Hasyim Muzadi, Abdul Hakim, bercerita, tak banyak pembicaraan antara ayahnya dan Jokowi ketika itu.

"Abah tahu kalau dijenguk Pak Presiden. Ya ada komunikasi tetapi tidak bercakap-cakap. Abah sedang istirahat," ujar Hakim.

Jokowi dan Iriana langsung bertemu dengan Hasyim yang didampingi istrinya, Muthamimmah. Menurut Hakim, sang ayah membuka mata ketika dikunjungi Jokowi.

Tetapi komunikasi yang terjalin memang tidak dalam percakapan yang panjang dan lancar sebab Hasyim dalam kondisi lemas. Sekitar 15 menit Jokowi bertemu Hasyim.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Pondok Pesantren Al Hikam 2 di Depok, Jawa Barat.

Sebelum diterbangkan ke Depok, KH Hasyim Muzadi terlebih dahulu akan dishalatkan di Masjid Al Ghozali yang ada di komplek Pondok Pesantren Al Hikam, Kota Malang.


Kenangan Terakhir Saat Hasyim Muzadi Dijenguk Jokowi
Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi tutup usia, Kamis (16/3/2017) pagi.

Kenangan Terakhir Saat Hasyim Muzadi Dijenguk Jokowi
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana berbincang dengan istri K.H Hasyim Muzadi, Hj. Mutammimah di kediaman Hasyim, Malang, Jawa Timur, Rabu (15/3/2017). Jokowi hendak menjenguk Hasyim yang tengah terbaring sakit. - Foto: Kompas.com

Sehari sebelumnya, Rabu (15/3/2017) pagi menjelang siang, Presiden RI Joko Widodo dan ibu negara, Iriana Joko Widodo, sempat menjenguk Hasyim yang dirawat di kediamannya di Ponpes Al Hikam di Jalan Cengger Ayam, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang

Tidak banyak yang diungkapkan Jokowi setelah Hasyim. Dalam kunjungan mendadak itu, Jokowi hanya mengajak rakyat Indonesia berdoa untuk kesembuhan anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu.

"Berdoa semuanya agar beliau cepat diberikan kesembuhan. Kami semua berdoa semoga Pak Kiai segera diberikan kesembuhan secepatnya," kata Jokowi saat itu.

Putra sulung KH Hasyim Muzadi, Abdul Hakim, bercerita, Presiden dan Ibu Negara sudah bertemu ayahnya.

"Pak Presiden dan Ibu Negara menjenguk Abah (ayah). Tidak begitu lama. Mungkin sekitar 15 menit. Bergantian sama pak gubernur, pangdam, dan kapolda," ujar Hakim, Rabu.

Hakim menuturkan, tak banyak pembicaraan antara ayahnya dan Jokowi.

"Abah tahu kalau dijenguk Pak Presiden. Ya ada komunikasi tetapi tidak bercakap-cakap. Abah sedang istirahat," ujar Hakim.

Jokowi dan Iriana langsung bertemu dengan Hasyim yang didampingi istrinya, Muthamimmah. Menurut Hakim, sang ayah membuka mata ketika dikunjungi Jokowi.

Tetapi komunikasi yang terjalin memang tidak dalam percakapan yang panjang dan lancar sebab mantan Ketua PBNU itu dalam kondisi lemas. Sekitar 15 menit Jokowi bertemu Hasyim.

Hakim mengatakan, Hasyim dirawat di rumah atas keinginannya sendiri. Menurut Hakim, ayahnya mengatakan bahwa dirinya merasa lebih senang dan tenang secara psikologis jika dekat dengan keluarga dan santri. Dengan begitu, kiai itu lebih sering mendengar para santrinya mengaji.

Sementara itu, keponakan Kiai Hasyim, Alfian Futuhul Hadi, mengatakan, Hasyim Muzadi meninggal dunia Kamis pagi.

"Inggih, pukul 06.20 WIB tadi," ujar Alfian, Kamis pagi.***


WG/Kompas
loading...

No comments

Powered by Blogger.