Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Panen Padi Milik Anggota Poktan "Tumpatan Bersatu" Didampingi Babinsa Koramil 23/Beringin

WARTAGAS.COM - Panen pada masa kini dapat dilakukan dengan mesin pemanen seperti combine harvester, tetapi dalam budi daya yang masih tradisional atau setengah trandisional orang masih menggunakan sabit atau bahkan ani-ani. Panen tanpa mesin merupakan salah satu pekerjaan dalam budi daya yang paling memakan banyak tenaga kerja. Kegiatan ini dapat langsung diikuti dengan proses pasca panen atau pengeringan terlebih dahulu.


Panen Padi Milik Anggota Poktan "Tumpatan Bersatu" Didampingi Babinsa Koramil 23/Beringin
Pendampingan panen padi ini dilakukan oleh Babinsa Koramil 23/Beringin Koptu Heri Purwanto dilahan milik Legiran anggota Kelompok Tani Tumpatan Bersatu dengan luas lahan 12 rante yang terletak di Dusun Sedar Desa Tumpatan Kecamatan Beringin dengan jenis tanaman Ceherang untuk usia tanam 92 hari dengan hasil yang dicapai 200 kg, Rabu (29/03/2017).


Mesin panen Kubota yang memadukan pemanen dan penanam padi, membantu proses mekanisasi penanaman dan pemanenan padi, proses yang paling padat karya dalam penanaman padi, sehingga mengurangi jumlah tenaga kerja dan meningkatkan efisiensi. Pada pertanian padi yang secara cepat berubah menjadi proses mekanisasi, Kubota menerapkan teknologi mesin pertanian padi yang unggul untuk mengembangkan solusi bagi para pelanggan. Kubota telah memproduksi mesin pemanen dan penanam padi selama lebih dari 50 tahun. Sebagai spesialis di bidang ini, Kubota menawarkan teknologi andalan untuk menyokong petani sebanyak mungkin demi memproduksi lebih banyak bulir padi di Wilayah Indonesia, terang Danramil 23/Beringin Mayor Inf AS. Marpaung, Rabu (29/03/2017).

Kegiatan pendampingan terhadap petani yang di laksanakan oleh Babinsa di wilayah binaanya untuk peningkatan percepatan swasembada pangan Nasional di mana sudah ada MOU antara Mentan dan TNI AD dalam program pemerintah tentang swasembada pangan. Di tengah bermacam kesibukan melaksanakan tugas pokoknya seorang Babinsa di tuntut mau dan mampu melaksanakan pendampingan kepada petani, tentu hal ini di lakukan dengan cara berkoordinasi dan bersinergi dengan dinas terkait seperti Distan dan PPL di lapangan. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memotivasi Petani sekaligus untuk mencapai target dengan hasil yang lebih meningkat.

Pendampingan panen padi ini dilakukan oleh Babinsa Koramil 23/Beringin Koptu Heri Purwanto dilahan milik Legiran anggota Kelompok Tani Tumpatan Bersatu dengan luas lahan 12 rante yang terletak di Dusun Sedar Desa Tumpatan Kecamatan Beringin dengan jenis tanaman Ceherang untuk usia tanam 92 hari dengan hasil yang dicapai 200 kg.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.