Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Pembersihan Rumput di Lahan Tanaman Kacang Kedelai Didampingi Serda Jumino

WARTAGAS.COM - Program Pemerintah pada saat ini adalah Mensukseskan Swasembada pangan dengan maksud dan tujuan adalah suatu program yang digalakkan oleh pemerintah RI dan salah satu komoditi yang sangat di unggulkan pada program ini adalah padi, jagung dan kedelai. Danramil 23/Beringin Mayor Inf AS. Marpaung mengungkapkan dalam program ini Babinsa mendampingi petani untuk membersihan rumput (gulma) untuk kesuburan tanaman dan meningkatkan hasil panen yang maksimal.


Pembersihan Rumput di Lahan Tanaman Kacang Kedelai Didampingi Serda Jumino
Pembersihan Rumput di Lahan Tanaman Kacang Kedelai Didampingi Serda Jumino, Rabu (29/03/2017).


Dengan adanya kegiatan itu tanaman Kacang Kedelai yang ditanam akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petanipun akan melimpah. Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan PPL karena dengan adanya pendamping petani maka segala kendala yang dihadapi petani di lapangan akan terpecahkan, Rabu (29/03/2017).

Kegiatan seperti ini sangat disambut baik oleh petani, hal ini terlihat dari antusias petani dalam membersihkan rumput tanaman Kacang Kedelai terlihat sangat semangat walupun panas matahari sangatlah terik dan menyengat badan Babinsa Koramil 23/Beringin Serda Jumino menurutnya gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya kacang kedelai. Persaingan gulma dengan kacang kedelai dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen, gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan kacang, di samping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman kacang kedelai. Kalau membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan didapatkan termasuk kerugian akibat peledakan hama dan penyakit.

Pengendalian gulma pada tanaman Kacang kedelai, umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida,” imbuhnya. Dengan adanya kegiatan itu, tanaman kacang kedelai akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.