Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Pemupukan Tanaman Jagung didampingi Sertu Frayetno di Desa Denai Lama

WARTAGAS.COM - Danramil 23/Beringin Mayor Inf AS. Marpaung mengungkapkan Setelah mengetahui hama dan penyakit jagung, kita perlu bahas tentang cara pemupukan jagung yang tepat. Ini adalah bagian dari budidaya jagung yang tepat. Jagung rata-rata berumur 100-110 hari tergantung varietasnya. Dengan rentang umur yang tak jauh berbeda, metode pemupukan yang diberikan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan hasil panen jagung. Dengan pemupukan yang tepat, hasil panen bisa meningkat hingga 0,5 – 1 ton/ ha.


Pemupukan Tanaman Jagung didampingi Sertu Frayetno di Desa Denai Lama
Babinsa Koramil 23/Beringin Sertu Frayetno, melaksanakan pendampingan petani membantu pemupukan jagung jenis pertiwi seluas 6 rante milik anggota Kelompok Tani Palonaga Ibu sumeh yang terletak di Dusun lV Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang dengan menggunakan jenis pupuk Poska,SP 36 dan Urea agar hasil pertumbuhan Jagung lebih meningkat dari tanaman sebelumnya dengan jenis jagung hibrida Varietas Bisi 16, Rabu (29/03/2017).


Pemupukan menjadi penting karena ekosistem jagung saat ini adalah ekosistem buatan yang berbeda dengan ekosistem asli jagung. Kenapa berbeda? Karena mayoritas jagung dibudidayakan secara monokultur atau tumpang sari dengan komoditas tertentu-terbatas sehingga suplai nutrisi dari alam kurang mencukupi sebab hara dari tumbuhan lain berkurang dan terjadi kompetisi antar tanaman.

Anggapan budidaya tanpa perhatian kepada pemupukan sudah kadaluarsa. Budidaya secara intensif berarti perhatian kepada unsur hara sebagai makanan jagung juga semestinya sangat diperhatikan. Lantas kapan jagung sebaiknya dipupuk? Jagung sebaiknya dipupuk pada masa sebelum tanam, umur 15 HST, dan 30 HST. Dosis yang akan saya berikan pada artikel ini adalah dosis yang menggunakan pupuk bersubsidi. Banyak variasi metode yang lain, tapi metode ini dapat dijadikan panduan.

Kali ini Babinsa Koramil 23/Beringin Sertu Frayetno, melaksanakan pendampingan petani membantu pemupukan jagung jenis pertiwi seluas 6 rante milik anggota Kelompok Tani Palonaga Ibu sumeh yang terletak di Dusun lV Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang dengan menggunakan jenis pupuk Poska,SP 36 dan Urea agar hasil pertumbuhan Jagung lebih meningkat dari tanaman sebelumnya dengan jenis jagung hibrida Varietas Bisi 16, Rabu (29/03/2017).

Banyak petani yang bertanya kepada Babinsa tentang dosis pemupukan yang benar. menurut Babinsa Sertu Frayetno, untuk menjawab pertanyaan dosis dan cara pemupukan tanaman pada jagung sangatlah sulit karena dosis pemupukan tanaman jagung sangat relatif sekali, sangat tergantung dari cuaca atau iklim, jenis tanah, ketersediaan unsur hara dalam tanah, ketersediaan bahan organik dalam tanah, varietas tanaman padi, jenis pupuk yang diberikan dan cara pemberian pupuk yang pada intinya di sesuaikan dengan kondisi tanaman.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.