Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Penyemprotan Ulat Daun Pada Tanaman Padi di Desa Dalan Aman Didampingi Serma Dedy Ginting

WARTAGAS.COM - Ulat grayak (Ulat Daun) ini menyerang tanaman padi pada semua stadia. Serangan terjadi biasanya pada malam hari, sedangkan siang harinya larva ulat grayak bersembunyi pada pangkal tanaman, dalam tanah atau di tempat-tempat yang tersembunyi. Seranga ulat ini memakan helai-helai daun dimulai dari ujung daun dan tulang daun utama ditinggalkan sehingga tinggal tanaman padi tanpa helai daun.


Penyemprotan Ulat Daun Pada Tanaman Padi di Desa Dalan Aman Didampingi Serma Dedy Ginting
Babinsa Koramil 04/Kuala Serma Dedy Ginting jajaran Kodim 0203/Langkat lakukan penyemprotan untuk mengantisipasi penyakit Blas, di lahan milik Areh Sitepu, anggota Kelompok Tani (Poktan) "Mbuah Page" dengan luas lahan 17 rante yang terletak di Desa Dalan Aman, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, umur padi 2 minggu, Jumat (17/03/2017)


Pada tanaman yang telah membentuk malai, ulat grayak seringkali memotong tangkai malai, bahkan ulat grayak ini juga menyerang padi yang sudah mulai menguning. Batang padi yang mulai menguning itu membusuk dan mati yang akhirnya menyebabkan kegagalan panen. Serangan saat padi menguning atau keluar malai, inilah yang sangat merugikan petani.

Ulat grayak mempunyai sifat polyfag (makan semua tanaman) sehingga ulat grayak bukan hanya menyerang tanaman padi, tetapi ulat grayak (Spodoptera litura) malah lebih sering menyerang tanaman cabai, bawang merah, dan kedelai. Hama ini dapat menyerang suatu tanaman dengan sangat cepat, bahkan dalam sehari suatu tanaman dapat habis daunnya karena diserang oleh gerombolan ulat grayak. Organisme pengganggu tanaman (OPT) ini menggrogoti bagian daun mulai dari tepi hingga bagian atas atau bawahnya bahkan hingga tersisa epidermisnya saja. Jika daun suatu tanaman rusak, maka tanaman tidak dapat fotosintesis dan tidak dapat meningkatkan produktivitas tanaman tersebut. Ungkap Danramil 04/Kuala Kapten Czi Himsar Siahaan.

Pada kesempatan yang baik itu Babinsa Koramil 04/Kuala Serma Dedy Ginting jajaran Kodim 0203/Langkat mengungkapkan pada pelaksanaan penyemprotan ini untuk mengantisipasi penyakit Blas, hama ulat pengulung daun maupun wereng, selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar padi. Kegiatan ini berlangsung di lahan milik Areh Sitepu, anggota Kelompok Tani (Poktan) "Mbuah Page" dengan luas lahan 17 rante yang terletak di Desa Dalan Aman, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, umur padi 2 minggu, Jumat (17/03/2017).

Selain itu, Babinsa bersama poktan juga lakukan sosialisasi untuk mengajak para petani proaktif menaggulangi serangan hama ulat pengulung daun maupun hama tanaman yang lainnya seperti tikus dan wereng sebagai antisipasi pengendalian hama menyerang tanaman padi. Dengan hal tersebut Babinsa juga menghimbau kepada para petani untuk melakukan penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama tersebut.

“Bila penyemprotan dilakukan bersama-sama serentak maka hama ulat ataupun wereng tidak akan berpindah ke sawah yang di sekitarnya," ujar Serma Dedy Ginting.





TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.