Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Perawatan Tanaman Jagung, Kelompok Tani "Haruan Bolon Tua" Didampingi Babinsa Koramil 15/Sipispis

WARTAGAS.COM - Gulma adalah tanaman pengganggu yang tumbuh diantara tanaman utama. Gulma mengganggu karena bersaing dengan tanaman utama terhadap kebutuhan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal.


Perawatan Tanaman Jagung, Kelompok Tani "Haruan Bolon Tua" Didampingi Babinsa Koramil 15/Sipispis
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Sipispis Koptu Ponirin ikut serta mendampingi anggota Kelompok Tani "Haruan Bolon Tua" Rusti Saragih melaksanakan giat hanpangan perawatan serta pembersihan rumput dilahan tanaman jagung bersama sama dengan anggota PPL An. Sarkum dengan luas lahan jagung 10 rante dengan jenis tanaman jagung hibrida yang terletak di Desa Tinokah Kecamatan Sipispis Kabupaten Deliserdang, Rabu (29/03/2017).


Teknik pengendalian gulma pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai teknik seperti secara manual, mekanis, teknik budidaya maupun dengan penggunaan bahan kimia (herbisida). Bahkan penggunaan herbisida ternyata mampu menaikkan produktivitas petani seperti penggunaan tenaga kerja yang lebih sedikit, waktu pelaksanaan pengendalian gulma relatif singkat serta biaya yang lebih murah, ungkap Danramil 15/Sipispis Kapten Inf Ramlan.

Pada kesempatan ini Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Sipispis Koptu Ponirin ikut serta mendampingi anggota Kelompok Tani "Haruan Bolon Tua" Rusti Saragih melaksanakan giat hanpangan perawatan serta pembersihan rumput dilahan tanaman jagung bersama sama dengan anggota PPL An. Sarkum dengan luas lahan jagung 10 rante dengan jenis tanaman jagung hibrida yang terletak di Desa Tinokah Kecamatan Sipispis Kabupaten Deliserdang, Rabu (29/03/2017).

Para Babinsa memiliki andil dalam membantu kesulitan warga di Desa binaannya, baik dalam membuka lahan atau pun melakukan perawatan lahan pertanian. Setelah membantu warga melakukan perawatan tanaman jagung, para Babinsa juga memberikan arahan bagaimana cara perawatan jagung dan pupuk apa yang harus digunakan agar hasil panen dapat dimaksimalkan seperti yang dikatakan Danramil 15/Sipispis Kapten Inf Ramlan kepada para Babinsa Koptu Ponirin.

Pada pelaksanaan pendampingan itu Babinsa Koramil 15/Sipispis Koptu Ponirin mengungkapkan tanaman jagung tersebut perlu di rawat agar bisa tumbuh optimal salah satunya adalah dengan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu tanaman jagung, mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah sampai membersihkan tunas dan rumput pada tanaman jagung dilaksanakan secara bersama-sama antara dan masyarakat setempat.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.