Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Rangka Pengendalian Hama, Babinsa Bantu Petani Lakukan Penyemprotan Hama Ulat

WARTAGAS.COM - Babinsa Koramil 04/Talawi jajaran Kodim 0208/Asahan Pelda Suriadi melaksanakan pendampingan kepada petani dengan melaksanakan penyemprotan hama ulat di sawah milik Sahar anggota kelompok tani "Gaharu" di Dusun 4 Desa Bangun Sari, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara dalam rangka pengendalian hama.


Rangka Pengendalian Hama, Babinsa Bantu Petani Lakukan Penyemprotan Hama Ulat
Babinsa Koramil 04/Talawi jajaran Kodim 0208/Asahan Pelda Suriadi melaksanakan pendampingan kepada petani dengan melaksanakan penyemprotan hama ulat di sawah milik Sahar anggota kelompok tani "Gaharu" di Dusun 4 Desa Bangun Sari, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara.


Tanaman padi didusun 4 desa Bangun Sari diserang hama ulat daun dan sundep. Akibatnya, tanaman padi yang baru berumur 1 bulan itu terancam mati jika tidak segera diatasi. Babinsa koramil 04/Talawi Pelda Suriadi mengetahui permasalahan petani tersebut langsung turun kelokasi dan membantu penyemprotan pestisida diarea persawahan yang terkena hama ulat daun dan sundep.

Pemilik lahan Sahar, mengatakan tanaman padi miliknya kini terserang hama sundep. Pada bagian pucuk daun tanaman padinya menguning.

“Jika dibiarkan lama-lama bagian pucuk daun yang telah menguning akan menjalar hingga ke pangkal tanaman padi. Lalu, tanaman padi akan mati”.

Oleh karena itu Babinsa Koramil 04/Talawi bersama kelompok tani Gaharu, dengan cepat mengatasinya, para petani yang menggarap sawah pada areal lahan di Desa Bangun Sari Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara segera melakukan penyemprotan pestisida.

Babinsa Pelda Suriadi mengatakan. “Penyemprotan pestisida dilakukan untuk pencegahan dan sekaligus menanggulangi tanaman padi yang terkena serangan hama sundep. Ini dilakukan agar kuning pada bagian pucuk daun tidak menjalar yang berakibat matinya tanaman padi,” katanya.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.