Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Sama-sama Mantan, Begini Beda 'Kelas' Perlakuan Raja Salman Pada SBY dan Megawati

WARTAGAS.COM - Beginilah perbedaan kelas antara dua mantan presiden Indonesia, di mana masing-masing antara Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sama-sama Mantan, Begini Beda 'Kelas' Perlakuan Raja Salman Pada SBY dan Megawati
Foto selfie Raja Salman dengan mantan Presiden Magawati Soekarnoputri dan Puan Maharani saat didampingi Presiden Jokowi - Foto: Tribunnews

Jika mantan Presiden Megawati mendapatkan tempat istimewa oleh Raja Salman setelah melakukan selfie atau swafoto bertiga dengan anaknya Puan Maharani selaku Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Foto selfie mereka terlihat didampingi oleh Presiden Joko Widodo yang kelihatan tidak terlalu tertarik untuk foto bergabung bersama.

Menjadi 'istimewa' terlebih foto mereka diabadikan oleh Raja Salman dalam akun istagramnya di @kingsalman.

Kegembiraan Raja Salman bertemu dengan anak dan cucu Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarno tidak bisa disembunyikan.

Dalam pesannya di akun Instagramnnya Raja Salman bahkan menyebut pertemuan itu sebagai "Sukacita yang tidak dapat disembuniyikan," katanya mengomentari pertemuan dengan Megawati, Puan Maharani dan Presiden Jokowi.



Bagaimana tidak, dalam upacara penyambutan Raja Salman di teras depan gedung utama Istana Bogor, Rabu (1/3/2017) kemarin Raja Salman bahkan sempat mencari-cari keturunan Soekarno yang memiliki hubungan istimewa dengan kakeknya Raja Saud.

Di sana Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud terlibat perbincangan yang cukup intens dengan dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Bahkan Presiden Joko Widodo yang sehabis memerkenalkan puan hanya termangu menyimak perbincangan yang cukup lama antara Raja Salman dan Puan Maharani.

Berbeda dengan SBY, foto mereka hanya diunggah oleh istrinya Ani Yudhoyono di Intagram.

Dalam foto itu Ani menyelipkan pesan, "Menyapa YM Raja Salman dari Arab Saudi di Gedung DPR/MPR RI, 2 Maret 2017," tulisnya.



Dalam foto tersebut seakan raja Salman tidak ingin melihat wajah SBY yang berjabat tangan dengannya saat melakukan foto bersama dengan Ketua DPR RI Setya Novanto dan jajaran pimpinan DPR RI Lainnya.

SBY hadir memenuhi undangan DPR RI yang melakukan sidang istimewa untuk menyambut sang Raja di Gedugn DPR/MPR RI.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud mengunjungi Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (2/3/2017) siang. (Foto: Kompas/Tribunnews)

Ketua Umum Partai Demokrat itu sempat berfoto bersama Raja Salman dan para pejabat negara lainnya.

Seperti yang dikutip dari Kompas.com, kehadiran Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia sedianya bisa menjadi momentum bagi Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono untuk bertemu.

Sebab, kedua mantan kepala negara itu sama-sama diundang dalam kunjungan Raja Salman ke Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Sebelum acara, Ketua DPR Setya Novanto menyebut bahwa baik Megawati maupun SBY sudah mengonfirmasi kehadiran mereka.

Namun, pada akhirnya, hanya SBY yang hadir memenuhi undangan tersebut. Ketua Umum Partai Demokrat itu sempat berfoto bersama Raja Salman dan para pejabat negara lainnya.

Meski demikian, bukan berarti Megawati melewatkan kesempatan bertemu dengan Raja Salman.

Presiden Joko Widodo secara khusus mengundang Megawati, bersama anaknya Puan Maharani, untuk bertemu Raja Salman di Istana Merdeka, Kamis siang.

Dalam pertemuan selama 15 menit, mereka berbincang soal para pemimpin Indonesia dan Arab Saudi yang telah menjalin persahabatan.

Keempatnya juga sempat melakukan selfie atau swafoto menggunakan telepon seluler Puan.

Langkah Jokowi mengatur pertemuan ini bukan tanpa alasan. Raja Salman memang sejak awal ingin bertemu dengan keturunan Presiden pertama RI Soekarno.

Seusai bersalaman dengan sejumlah menteri di teras depan gedung utama Istana Bogor, Rabu (1/3/2017), Raja Salmansempat mencari-cari di mana cucu Soekarno.

Masih teringat di memori Raja Salman akan kewibawaan dan keramahan Bung Karno semasa hidup.

Kemudian, Presiden Jokowi menunjuk Puan. Raja Salman pun memanggil Puan.

"Ini cucu Soekarno," demikian ucapan Presiden Jokowi saat memperkenalkan Puan ke Raja Salman
Puan menjadi satu-satunya menteri yang diajak bicara cukup lama oleh Raja Salman.

Megawati dan SBY

Sejak Megawati tak lagi menjabat sebagai presiden pada Pemilu 2004, praktis kedua tokoh ini hampir tidak pernah hadir bersamaan dalam satu acara kenegaraan, baik di Istana maupun parlemen.

Namun, setelah SBY turun dari kekuasaan dan digantikan Jokowi, Megawati kerap hadir di Istana.

Justru SBY yang selama dua tahun terakhir ini tidak menghadiri rangkaian acara HUT RI di Istana ataupun DPR.

SBY memilih merayakan HUT RI di Pacitan, kampung halamannya.



WG/Tribunnews
loading...

No comments

Powered by Blogger.