Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Serda IN. Tambunan Dampingi Anggota Poktan Jasa Tani Lakukan Penyiangan di Desa Namotongan

WARTAGAS.COM - Tanaman Jagung (Zea mays L) merupakan tanaman biji-bijan yang masih keluarga dengan rumput-rumputan. Tanaman jagung berasal dari Amerika yang menyebar ke benua Asia dan Afrika. Tanaman ini sangat mudah di budidayakan di negara mana pun dan menggunakan tanah apapun asalkan tidak tandus dan tidak humus.

Serda IN. Tambunan Dampingi Anggota Poktan Jasa Tani Lakukan Penyiangan di Desa Namotongan
Serda IN. Tambunan Dampingi Anggota Poktan Jasa Tani Lakukan Penyiangan di Desa Namotongan Kecamatan Kutambaru Kabupaten Langkat, Jumat (03/03/2017).

Pembibitan dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu memenuhi persyaratan benih, penyiapan benih, dan pemindahan benih. Persyarata benih adalah memilih bibit unggul, bebas dari hama dan penyakit dan benih dapat tumbuh dengan baik. Penyiapan benih dilakukan dengan merendam benih kedalam fungisida bertujuan agar tidak mudah terserang hama dan penyakit. Sedangkan pemindahan benih dilakukan setelah perendaman sudah dilakukan lalu pindahkan ke lahan tanam.

Pada pelaksanaan penyiangan tanaman jagung dilahan milik Saudara Suranto anggota Kelompok Tani "Jasa Tani" yang diketuai oleh Rusli dengan luas lahan 6 rante yang didampingi oleh Bintara Pembina Desa Koramil 04/Serda IN. Tambunan jajaran Kodim 0203/Langkat bersama sama dengan PPL Inganta br Pelawi dengan jenis tanaman jagung bisi 18, terletak di Desa Namotongan Kecamatan Kutambaru Kabupaten Langkat, adapun kegiatan ini terlaksana dalam rangka ketahanan pangan di wilayah Kodim 0203/Langkat, Jumat (03/03/2017).

Sebelum terjun langsung bersama petani, para Babinsa dibekali terlebih dahulu ilmu/penataran-penataran pertanian yang diselengagarakan satuan atas, agar mengetahui seluk-beluk pertanian. Salah satu upaya peningkatan produktivitas guna mendukung program ketahanan pangan nasional terutama tanaman jagung adalah penyediaan air yang cukup untuk pertumbuhan tanaman.

Menyiasati hal tersebut, pengelolaan air harus diusahakan secara optimal, yaitu tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat sasaran, sehingga efisien dalam upaya peningkatan produktivitas maupun perluasan areal tanam dan peningkatan intensitas pertanaman.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.