Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Serda Toni Suwandi bersama Petani Lakukan Penyisipan Tanaman Padi Yang Dimakan Keong Mas

WARTAGAS.COM - Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Serda Toni Suwandi melaksanakan menyisipan tanaman padi yang dimakan Keong mas disawah milik M. Manurung Kelompok tani "Tunas Harapan" seluas 7 Rante di Desa Silau Maraja Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, Selasa (28/02/2017). Adapun jenis tanaman padi sawah adalah Ciherang, usia tanaman 21 hari.

Serda Toni Suwandi bersama Petani Lakukan Penyisipan Tanaman Padi Yang Dimakan Keong Mas
Serda Toni Suwandi bersama Petani Lakukan Penyisipan Tanaman Padi Yang Dimakan Keong Mas di Desa Silau Maraja Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, Selasa (28/02/2017).

Kegiatan yang laksanakan Serda Toni Suwandi di lahan pertanian milik M. Manurung, warga Desa Silau Maraja Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan. Pengecekan terhadap tanaman padi merupakan proses untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal.

"Pengecekan hama ini dapat mengurangi persaingan antara gulma dengan tanaman padi dalam hal kebutuhan sinar matahari. Dengan memutus perputaran hidup gulma, maka dapat mencegah perkembangbiakan hama penyakit tanaman dan tikus, serta dapat mencegah munculnya tanaman gulma yang akarnya dapat mengeluarkan racun bagi akar tanaman padi," ujar Serda Toni Suwandi.

Menurutnya, hama wereng termasuk OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) yang menjadi musuh petani di Desa Silau Maraja. Karena itu, untuk mencegah meluasnya hama wereng yang menyerang tanaman padi maka dilaksanakan penyemprotan dengan menggunakan pestisida jenis Buprosida.

“Hal ini kita lakukan demi menyelamatkan tanaman padi milik petani dan sebagai antisipasi meluasnya serangan hama yang menyerang tanaman padi. Selain itu kita juga menggelar pendampingan sosialisasi penanganan dan penyemprotan hama wereng di lahan tanaman padi”, pungkasnya.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.