Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Serda Toni Suwandi Dampingi Petani Lakukan Penyemprotan Hama Padi di Desa Sei Silau

WARTAGAS.COM - Danramil 13/Buntu Pane Kapten Inf Syaifullah mengungkapkan, Hama yang biasa mudah untuk dikendalikan adalah hama tikus. Namun perlu diketahui ada hama lain yang mungkin dampaknya lebih besar dibandingkan dengan hama tikus yaitu hama wereng. Ada beberapa cara atau teknik yag bisa dilakukan untuk mengendalikan hama wereng, yang tepat sasaran. Karena kita ketahui bahwa saat ini banyak sekali cara pengendalian yang kurang tepat. Baiklah kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara tepat penyemprotan hama wereng sehingga nantinya tidak terjadi mubajir. Penggunaan peptisida yang salah atau tidak tepat sasaran malah akan mempersulit atau malah meningkatkan serangan hama wereng dipertanaman dan juga terjadi pemborosan uang serta tenaga kerja.

Serda Toni Suwandi Dampingi Petani Lakukan Penyemprotan Hama Padi di Desa Sei Silau
Serda Toni Suwandi Dampingi Petani Lakukan Penyemprotan Hama Padi di Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, Rabu (08/03/2017).

Lanjut beliau, penggunaan peptisida perlu di kombinasikan antara peptisida dengan system kerja kontak dan sistemik. Kombinasi ini menyebabkan kerja yang maksimal untuk membunuh hama wereng baik usia muda ataupun wereng dewasa. Hama wereng merupakan hama yang sangat mengganggu para petani karena hama ini secara ekonomi dapat menurunkan produktifitas salah satunya bagi para petani padi. Sehingga perlu tindakan yang serius dalam menangani hama ini, salah satunya yaitu dengan melakukan penyemprotan. Namun perlu di ingat bahwa gunakanlah bahan-bahan yang sesuai tepat sasaran dalam pembaswi hama wereng ini, Rabu (08/03/2017).

Dimana dalam kegiatan penyemprotan tanaman padi seluas 10 rante yang sedang dalam tahap penghijauan dengan menggunakan jenis obat insektisida guna mencegah walang sangit yang sudah mulai menyerang dan pencegahan terhadap hama wereng dan kegiatan ini tentunya sudah selayaknya di laksanakan oleh seorang Babinsa di wilayahnya dimana Babinsa sudah melaksanakan MOU ketahanan pangan dengan para GAKPOKTAN di wilayah desa binaannya masing masing .

Dan hal ini sudah di laksanakan oleh Serda Toni Suwandi sebagai Babinsa Koramil 13/Buntu Pane membantu petani dalam rangka penyemprotan tanaman padi disawah milik Wasilam anggota Kelompok Tani Purwodadi yang terletak di Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, diharapkan dengan kegiatan ini nantinya padi akan tumbuh sehat dan menghasilkan panen yang maksimal pada waktunya sehingga apa yang menjadi cita cita bersama untuk menciptakan ketahanan pangan menuju Swasembada pangan dapat tercapai.





TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.